Lembaga Kajian Al Quran Sambangi TPA

oleh -104 views

Jeneponto,rakyatjelata.com – Lembaga Kajian Al-Qur’an Mahasiswa Pencinta Masjid UIN Alauddin Makassar (LKA MPM UINAM) menyambangi TK/TPA Nurhidayah Canda Kelurahan Tolo Selatan, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto untuk proses penyaluran Al-Qur’an di tempat kedua. (11/02/2021)

Penyaluran Al-Qur’an di TK/TPA Nurhidayah Canda dilaksanakan pada malam hari setelah shalat isya pukul 21.00 WITA.

Dengan haru dan meneteskan air mata, Ilham selaku penanggung jawab wilayah kabupaten jeneponto untuk program gerakan wakaf qur’an LKA MPM UINAM mengatakan bahwa alasannya menjadikan tempat ini sebagai lokasi penyaluran Al-Qur’an agar keberkahan turun di tempat kelahirannya seiring dengan semakin banyaknya anak dari masyarakat yang tertarik belajar Al-Qur’an.

“Salah satu alasan kami untuk menjadikan tempat ini sebagai sasaran penyaluran Al-Qur’an adalah agar di kampung ini hadir kedekatan dengan Al-Qur’an, dimana ketika kita dekat dengan Al-Qur’an maka akan turun keberkahan,” ucapnya.

Lebih lanjut sebelum proses penyerahan donasi wakaf Al-Qur’an, Ketua panitia wakaf qur’an dalam hal ini Rahmat menyampaikan kepada pembina TK/TPA Nurhidayah Canda bahwa kegiatan ini merupakan program rutin tahunan dari mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang berlembaga di LKA MPM UINAM.

“Jadi ustadz kami ini mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang tergabung di organisasi LKA MPM UINAM hendak menyerahkan donasi wakaf Al-Qur’an, dimana ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang kami lakukan dimana sebelumnya terlaksana di kabupaten sinjai dan pada tahun ini alhamdulillah Allah mudahkan untuk terlaksana di kabupaten jeneponto,” ucapnya.

Selaku pembina TK/TPA Nurhidayah Canda Ustadz Drs. Muhammad Ridwan Yusuf begitu berbahagia menerima donasi wakaf qur’an dari mahasiswa UIN Alauddin Makassar karena selama ini belum pernah ada lembaga mahasiswa yang datang langsung ke tempat ini untuk berdonasi Al-Qur’an.

“jadi adik-adik sekalian kami selaku pembina disini begitu bersyukur dan sangat berbahagia ketika ada yang membawakan donasi berupa Al-Qur’an kesini apalagi mahasiswa. Karna selama ini ada yang membawakan namun kebanyakan dari caleg dan jarang sekali dari kalangan organisasi mahasiswa. Dan jujur adik-adik saya lebih senang ketika diberi donasi Al-Qur’an dibanting uang, karena jika uang nilai itu bisa kita hitung adapun Al-Qur’an nilai terus mengalir sampai kita berada di dalam liang kubur (baca; mati),” tegasnya.

Mahasiswa alumni uin alauddin makassar tersebut juga begitu berharap kepada pihak kampus dan juga segenap civitas akademik untuk mendukung kegiatan wakaf qur’an seperti karena manfaatnya bukan hanya didunia namun bisa sampai di hari akhirat apalagi label kampus Islam maka sangat baik jika ada kegiatan seperti ini dari pihak kampus.

TK/TPA Nurhidayah Canda merupakan tempat pembelajaran Al-Qur’an yang begitu sangat membutukan bantuan Al-Qur’an karena menjadi tempat pembinaan tilawah, TK/TPA serta majelis ta’lim. TK/TPA Nurhidayah Canda Adapun donasi yang diberikan ialah berupa puluhan Al-Qur’an terjemahan, buku iqra, serta Al-Qur’an hafalan.

Reporter: Nurizal Manarul Hidayat