Rimzah dan Rendra Masdrajad, Dua Tokoh Anak Muda yang dipercaya Pimpin Kota Malang

Malang - Pilkada Kota Malang 2024 diprediksi akan diikuti beberapa tokoh yang memang sejauh ini memiliki kiprah penting. Para tokoh muda yang diprediksi mewarnai pesta demokrasi di Kota Malang di antaranya Rimzah (Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Rendra Masdrajad (Politisi Partai PKS), Djoko Prihatin (Politisi Partai Golkar), dan Canggih Sakinah Hans (Mantan Ketua HIPMI Kota Malang).

Fahrur Rijal Direktur Eksekutif Millenial Malang Maju mengatan generasi muda menjadi pemilih yang menentukan nasib masa depan bangsa 5 tahun ke depan.

Baca Juga: Raih Suara Tertinggi di PKB, Begini Respon Eni Soedarwati

Dia kemudian membeberkan data KPU RI soal jumlah pemilih di Indonesia pada Pemilu 2024 yang totalnya kurang lebih 204.807.222 juta orang. Dari total jumlah pemilih itu, pemilih usia muda mencapai 52% atau sekitar 106.358.447 jiwa.
Rinciannya, pemilih berusia 17 tahun sebanyak 0,003% atau sekitar 6 ribu jiwa, kemudian pemilih dengan rentang usia 17 tahun hingga 30 tahun mencapai 31,23% atau sekitar 63,9 juta jiwa, disusul pemilih dengan 31 tahun hingga 40 tahun sebanyak 20,70% atau sekitar 42,395 juta jiwa.

"Porsi suara pemilih anak muda sebanyak 52% sudah seharusnya menjadi basis kekuatan politik anak muda untuk berpartisipasi dalam perencanaan pelaksanaan, dan pengawasan program pemerintah saat ini," kata Rijal

Baca Juga: Aneh!!! Suara DPD Kacau Balau KPU Nyatakan Eror Sistem

"Perhatian pemilih muda pada Pemilu 2024 terhadap isu-isu seperti ekonomi, kesehatan, ketenagakerjaan, penegakan hukum dan HAM, pemberantasan korupsi, dan lingkungan hidup diprediksi lebih tinggi dibandingkan dengan pemilu sebelumnya," imbuhnya.

Dia juga berpandangan bahwa Pilkada Kota Malang 2024 akan dipengaruhi oleh popularitas calon anak muda yang didukung oleh memiliki jenjang karir di Partai Politik pemenang pemilu.

Baca Juga: Demi Kelanjutan Realisasi Tanah Mantan Kombatan, PSI Pidie Ajak Warga Dukung AL QUDRI untuk DPR RI

lanjutnya Rijal mengatakan "kenapa anak muda yang dominasi Pilkada Kota Malang karena corak pemilih di Kota Malang di dominasi dengan pemilih muda dan Millenial sehingga sangat rasional jika yang maju sebagai pemimpin kota malang dan yang masuk radar adalah anak-anak muda," ujarnya

Selain itu Rijal juga berpandangan bahwa jika dilihat dari nama-nama anak muda yang muncul di bursa Pilkada kota malang ini yang berpotensial maju mewakili partai nya masing-masing adalah Mas Rimzah (Partai Gerindra) dan Mas Rendra Masdrajad (Partai PKS) karena dua anak muda ini sudah punya rekam jejak sendiri-sendiri dan mampu membawa aspirasi sebagai anak muda kota Malang,"Lanjut pria asal Dinoyo kota Malang tersebut. (*)

Editor : arif