Ganti Mobil

oleh -536 views

Ganti Mobil
Oleh Mappajarungi Manan, pegiat sosial
Di negara negara maju, seperti negara negara produsen mobil, mereka berpikiran maju dan efisien. Mereka tak mau direpotken dengan munculnya berbagai masalah. Masalah keuangan, waktu, dan pikiran.
Sangat jauh berbeda dengan negara negara yang pingin banget diakui sejajar dengan negara maju. Memaksakan kehendak, ra mikir duit, ra mikir waktu dan pikiran gak jelas.
Salah satu pikiran praktis negara maju, buat aturan satu periode penggunaan mobil. Artinya, usia kendaraan layak meluncur di jalan raya itu maksimal 5 tahun. Setelah usia itu harus ganti. Bahkan diberi batas lima tahun malah ada yang lebih cepat, setahun atau 3 tahun sudah ganti.
Usia kendaraan, jika masih dipakai diatas satu periode, itu artinya sudah pemborosan. Boros bahan bakar, ganti busi tiap beberapa bulan, ganti ban, ganti macam macam.
Dengan demikian, akan rawan mark up pembelian bahan bakar serta onderdil. Sopir selalu minta ganti ini itu. Rawan mogok, bisa menguras duit, waktu dan tenaga.
Itulah sebabnya untuk efisiensi, pabrikan mobil dan aturan negara maju, layak sebuah kendaraan beroperasi di jalan hanya satu periode. Tak boleh lebih. Bisa mengakibatkan keracunan Co2. Merusak lingkungan dengan polusi.
Jika ditanya. Sama dong pemimpin, gak boleh lama lama memimpin. Jawabnya iya betul. Tapi jika saya jelaskan sistem pergantian pejabat, nanti banyak yang baper, kelojotan. #2019GP jadi sasaran.
So berpikir itu indah, terus bertanya why dan how!.,
Good morning bro and sists
Yuk ngopi pagi!., ☕️
*Maaf ini hanya contoh, minjam iklan mobil.