Diskominfo Langkat, Relisasikan Target PAD 108 Persen

oleh -182 views
Foto: iLustrasi Uang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

LANGKAT, Rakyatjelata – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Langkat, merelisasikan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari jenis pungutan Retribusi Menara Telekomunikasi (RMT) dengan over target.

“Pada tahun ini, kita ditarget PAD dari pungutan RMT sebesar Rp.1. 100.000.000, dan sudah terelisasi sebesar Rp1.200.000.000, atau 108 persen,” sebutnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Langkat, H.Syahmadi S.Sos M.SP didampingi Sekdis Kominfo Wahyudiarto S.STP, saat melaksanakan rapat staf di Aula Kantor Diskominfo Langkat, di Stabat, Selasa (3/12/2019).

Dikatakannya, pencapaian target ini merupakan intruksi dari Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin- Angin, dengan tujuan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat negeri bertuah ini.

Niat baik itu, katanya, ternyata membuahkan hasil maksimal. Pasalnya ditahun kedua, Diskominfo Langkat kembali berhasil over target dari PAD pengawasan  Retribusi Menara Telekomunikasi (RMT) sebesar Rp1.200.000.000.

Syahmadi mengatakan, over target ini dapat diraih atas bimbingan dan arahan Bupati, serta kerjasama yang baik dari semua jajaran Diskominfo Langkat.

“Saya ucapkan terima kasih atas bimbingan dan arahan Bupati Langkat, serta kerja keras staf Diskominfo yang membidangi bagian ini, sehingga Diskominfo berhasil over target untuk kedua kalinya,”jelasnya Syahmadi.

Di beberkan Syahmadi menjelaskan, diawal tahun  pertama kali dilaksanakannya pengawasan RMT pada tahun 2018 lalu sempat dibatalkan, melalui putusan Mahkamah Konstitusi RI No:46/PUU-XII/2014,  dengan menjatuhkan putusan  dalam permohonan pengujian UU No 28 tahun 2009,  tentang pajak daerah dan retribusi daerah (PDRB) terhadap UUD Negara RI tahun 1945. Serta keputusan Mentri Dalam Negri No 188.34-6483 tahun 2016, maka peraturan daerah no 1 tahun 2012 tentang retribusi jasa umum perlu direvisi.

Namun pihaknya tidak berdiam diri, terus  mencari peluang, akhirnya Pemkab Langkat mampu melahirkan Perda no 3 tahun 2018, tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 1 tahun 2012, tentang retribusi jasa umum, yang kini menjadi dasar hukum pengawasan retribusi menara telekomunikasi atau RMT.

Sehingga melalui Perda tersebut,  kata mantan Kadis Dishub dan Kadis DKP itu, saat ini Diskomifo Langkat telah dapat melakukan pengawasan retribusi  menara telekomunikasi, sesuai dengan yang tertuang pada  pasal 5 jenis retribusi jasa umum huruf c retribusi pengendalian menara telekomunikasi.

“Semoga tambahan PAD ini, semakin memajukan, memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat Langkat,”doanya.(reza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *