Zuriat Almarhum Sultan Machmud Marah, Kotak Infak Berada di Makam Sultan Langkat

oleh -571 views
Foto: Zuriat Almarhum Sultan Machmud Memindahkan Kotak Amal dari depan Makam, ke Masjid Azizi

Langkat, Rakyatjelata – Kotak Infaq itu seharusnya berada didalam Masjid atau di teras Masjid dan bukan berada di pintu makam (kuburan) Sultan Langkat.

Demikian dikatan para Zuriat Almarhum Sultan Machmud Abddul Djalil Rachmadsyah, diantara Tengku Onny Razifah Hafas, Tengku Jiji, Tengku Meira, dan didampingi Wan Musa Endoh, Syeikh Muhammad Husni Ginting, Syahril, Ahmad Azhari, dan rombongan lainnya, yang baru usai mendatangi peringatan Haul Tuan Guru Besilam Babussalam yang ke 96 Syeikh Abdul Wahab Rokan Al-Khalidi Naqsyabandi, Sabtu (18/1/2020).

Kepada awak media ini, mereka mengatakan, kemarahannya yang dituju kepada BKM Masjid Azizi Tanjung Pura.

Kami ahli waris Sultan Mahmud sangat marah, jika kotak amal ditaruh didepan makam Sultan.

“Itu tidak pantas, kenapa mereka tidak menghargai Sultan – sultan. Kami sebagai cucunya marah,” ungkapnya Tengku Onny Razifah Hafas.

Dikatakan Tengku Onny (Nama panggilan), dirinya merasa tidak senang dan marah, dengan alasan, kalau kotak amal itu seharusnya, letaknya di Masjid dan bukan depan makam Sultan – sultan, dan makam – makam ┬áSultan itu, bukan untuk meminta amal.

“Semula kami kurang percaya dengan laporan para masyarakat yang juga merupakan Makmum di Masjid Azizi Tanjung Pura.

Mereka itu nasyarakat mengatakan, adanya kotak Infaq di depan makam para Sultan.

Selain itu juga, pagar khusus makam juga terbuka lebar bebas, dan kami menemukan salah seorang pendatang meletakkan uangnya diatas kuburan Sultan Musa.

Kami menduga, peristiwa ini sudah berlangsung lama. Biasanya, para pendatang yang berkunjung di kegiatan acara Haoul Tuan Guru Besilam, dan seusainya, dipanstikan banyak yang singgah ke Masjid Azizi Tanjung Pura ini.

Dan dipastikan, disitulah ada prilaku yang kurang baik, seperti melatakkan uang diatas makam dan meletakan kota infaq, seperti itu tadi, katanya.

Bukannya tidak boleh untuk masuk kelokasi makam, sebut Tengku Onny, namun, katanya, haruslah seijin dari keluarga Sultan, bebernya tengku Onny, seraya mengatakan, bahwa tadi itu, pihaknya telah melakukan penguncian pagar makam Sultan, serta memindahkan kotak infak dari depan makam Sultan ke teras Masjid Azizi.

Dan tadi itu, Tangku Jiji melihat pengunjung menaruh uang diatas kuburan Sultan Musa. Dan tadi itu, pengunjung langsung ditegur sama Tengku Jiji, seraya mengatakan, buk – buk tidak dibenarkan meketakkan uang di makam Sultan.

“Kotak Infaq tidak sepantasnya dilatakkan didepan makam para Sultan – sultan untuk jadi kepentingan amal pribadi.

Tengku Onny: Marah ke BKM agar kotak imfak jgn ditaruh didepan makam Sultan,dimana pengunjung begitu banyak yg td melihat makam dibuka sama mereka Dan kotak imfaknya Ada disitu.

Jika adahal yang sama nantinya, kota infaq itu nantinya diraruk lagi, maka, kenaajiran mesdjid harus memberitahu kepada BKM, biar halseperti itu, jangan adalagi terjadi.(reza)