PKK Kuningan Peringati Hari Kesatuan Ke-47

oleh -489 views

Kuningan-rakyatjelata.com-Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan melaksanakan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 47 tahun 2019 dengan Tema “Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras Dengan Program Pemerintah”. Bertempat di Gedung Sanggariang Jl. Siliwangi, Kuningan, Kamis (05/12/2019). Dihadiri oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Wakil Bupati H. M. Ridho Suganda, Sekretaris Daerah, DR. H. Dian Rachamat Yanuar, Satuan Kerja Perangkat Daerah, serta para undangan lainnya.

“ Peran serta keluarga sangat penting dalam mencerdaskan suatu bangsa, oleh karena itu gerakan PKK telah berupaya mengadakan gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang bertujuan mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, maju, dan mandiri. Gerakan PKK bahkan telah mewujudkan perannya sebagai motivator dan dinamisator masyarakat agar setiap keluarga di Indonesia dapat menjadi instrument pembangunan yang handal. Papar Hj. Yuana Ridho Suganda sebagai ketua panitia HKG PKK ke-47.

Menurutnya, tujuan dilaksanakan peringatan HKG PKK ke-47 Tahun 2019 adalah, meningkatkan motivasi dan kesadaran anggota Tim Penggerak PKK dan Kader PKK serta masyarakat untuk lebih berperan dalam pemberdayaan keluarga dan menjadi mitra terdepan dalam pembangunan Kabupaten Kuningan. Kemudian meningkatkan sinergi pelaksanaan program Pemerintah Kabupaten Kuningan dengan TP PKK Kabupaten Kuningan. Serta meningkatkan pemahaman segenap jajaran TP PKK dan masyarakat tentang fungsi dan peran PKK Kabupaten Kuningan.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama mengatakan, momentum peringatan seperti ini senantiasa selalu kita lakukan setiap tahun. Namun melalui peringatan ini Kesatuan Gerak PKK Ke-47 Tahun 2019, saya sangat mengharapkan agar peringatan semacam ini bukan semata-mata kegiatan rutin tahunan saja. Juga bukan merupakan kegiatan yang hanya sarat dengan acara seremonial sesaat saja, kemudian setelah itu tidak ada lagi gaungnya. Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya gerakan PKK.

“ Semangat yang menggelora itu harus senantiasa kita miliki, kerja Pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang insfiratif. Pola pendekatan penggerakan peran serta masyarakat yang menjadi ciri khas Tim Penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan, merupakan modal social yang sungguh besar artinya,”papar Ika.

Dalam sambutannya, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama merasa bahagia dapat menghadiri acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47 Tahun 2019. TP PKK Kabupaten Kuningan telah hadir dan menjadi mitra strategis pelaksanaan pembangunan daerah, semangat pemberdayaan yang di emban oleh PKK sejatinya menjadi modal yang dapat menggerakan seluruh potensi masyarakat sampai ke pelosok desa untuk bersama-sama melaksanakan percepatan pembangunan di Kabupaten Kuningan yang kita cintai ini.

“Untuk itu saya mengajak kepada seluruh komponen PKK yang ada baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan untuk senantiasa menjaga semangat juang dalam memberikan darma baktinya untuk kemajuan pembangunan dan pencapaian kesejahteraan masyarakat seiring dengan semangat “KUNINGAN MAJU ( Ma’mur, Agamis, Pinunjul ) Berbasis Desa Tahun 2023,”terangnya.

Keberadaan PKK yang merupakan gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga, adalah organisasi kemasyarakatan yang bertujuan memberdayakan perempuan untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

“Melalui HKG PKK Tingkat Kabupaten Kuningan, Saya menitipkan harapan besar untuk menjadi momentum kebangkitan pembangunan desa melalui pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga. TP PKK Kabupaten Kuningan saya harap dapat mendorong setiap keluarga menjadi keluarga produktif, dengan derajat kesehatan yang baik dan akses pendidikan yang terbuka. Keluarga sejahtera adalah modal bagi tercapainya masyarakat Kabupaten Kuningan yang Ma’mur, Agamis dan Pinunjul,”pungkasnya. (Yuyu/red).