Gibran & Bobby Resmi Ditutup, PDIP Bersih-Bersih Fokus Ganjar-Mahfud

avatar Rakyat Jelata

rakyatjelata.com-Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (15/11).
PDIP dengan tegas untuk keanggotaan Bobby Nasution dan Gibran Rakabuming Raka sudah tutup buku, Sabtu (18/11/2023).

"Yang penting pemenangan Pak Ganjar dan Prof Mahfud dengan penuh keyakinan, Gibran dan Bobby sudah kita tutup," ungkap Hasto.

Baca Juga: Pengemis Yang Viral Minta Uang Rp5000, Sudah Dipulangkan ke Daerah Asalnya

Hasto menegaskan saat ini PDIP fokus pada pemenangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024, bukan lagi mengurusi Bobby dan Gibran.

"Seluruhnya berkonsentrasi pada pemenangan Pak Ganjar dan Prof Mahfud dengan nomor 3 yang bahasanya tadi bagus Trisila Weda itu lurus benar dan jujur," tutup Hasto.

Sebelumnya, usulan pemecatan Bobby Nasution tertuang dalam surat Pemberitahuan Nomor: 217 /IN/DPC-29.B-26.B/XI/202 tertanggal 10 November 2023 yang ditujukan DPC PDIP Kota Medan kepada Bobby Nasution. Surat itu menyatakan bahwa Bobby Nasution telah terbukti melakukan tindakan pelanggaran Kode Etik dan Disiplin Anggota Partai dengan tidak mematuhi peraturan dan keputusan partai karena mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung oleh partai politik lain.

"Menyatakan Muhammad Bobby Afif Nasution tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota PDI Perjuangan," tulis surat tersebut.

Putusan itu dikeluarkan dengan mempertimbangkan sejumlah aturan terutama yang berlaku di internal partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut. Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua DPC PDIP Kota Medan Hasyim dan Sekretaris Roby Barus.

Baca Juga: Raih Juara dan Penghargaan, Satpol pp Jatim Terdepan Pelayan Inovasi Publik

Hal serupa, Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menyebut PDIP saat ini ingin menertibkan kader-kadernya agar tegak lurus terhadap kebijakan partai mendukung calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Hal ini disampaikan berkaitan dengan Gibran terkait dengan Prabowo Subianto dalam pencalonan presiden dan wakil presiden.

Gibran Rakabuming Raka: Yang pernah mengukapkan selalu tegak lurus bersama PDIP

Putra Sulung Presiden RI ke 7 Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka pernah memenuhi panggilan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di Jakarta, Senin, (23/5/2023) untuk memberikan klarifikasi soal pertemuannya dengan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Baca Juga: Dugaan Oknum Staf Pengamat PJT, Pungut Sejumlah Uang Ke Penggarap LahanĀ 

Gibran menegaskan dirinya sebagai kader akan tegak lurus sesuai arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya sebagai kader PDIP sebagai kader muda, saya akan tetap tegak lurus sesuai arahan ibu ketua umum," ujar Gibran di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2023).

Namun semua menjadi polemik, atas Gibran resmi menjadi Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto. Bersih-bersih pun dilakukan di internal partai yang berlogo banteng moncong putih, Sekjen PDIP Hasto terang benerang bukan alasan lagi tegak lurus yang melenceng dari performa, ia dengan tegas sudah menutup buku soal Gibran dan Bobby.

Editor : hendro