DPP PDIP Cek Stok Ketersediaan Air Di Bojonegoro Guna Dukung Kedaulatan Pangan

oleh -801 views

Rakyat Jelata BOJONEGORO – DPP PDI-P melakukan kunjungan di Bojonegoro jawa timur, Rombongan secara langsung di sambut oleh Bupati Bojonegoro, Dr. Hj. Anna Mu’awanah. Selasa (28/7/2020).

Kemudian, Rombongan di ajak meninjau Waduk Pacal dan Waduk Gongseng, dan didampingi kepala Dinas PU SDA, Tedjo Sukmono, kepala Balai Besar Wilayah Bengawan Solo, Dwi Agus Kuncoro.

“Kunjungan ini merupakan kebijakan DPP PDI P, guna mendukung kedaulatan pangan serta melakukan pengecekan terkait kecukupan dan ketersediaan stock air.”Kata Ketua DPP PDI Perjuangan, Nusyirwan Soedjono.

Menurut Nusyirwan, air sungai bengawan solo sangatlah penting, sebagai penunjang produksi pertanian, mulai dari hulu di Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah, hingga hilir yakni Kabupaten Gresik Jawa Timur.

“Mulai dari hulu hingga hilir, jangan sampai suplai air bengawan solo tersebut terputus di wilayah tertentu dan apalagi semua terbuang ke laut, untuk itu, guna memaksimalkan produksi pertanian, hal utama yang perlu diperhatikan yaitu air.”katanya.

Mwnurutnya, karena dalam Kurun waktu satu tahun ini Kabupaten Bojonegoro menghasilkan 7 (tujuh) ribu ton, Untuk itu agar produksinya dapat stabil dan meningkat, perlu adanya kestabilan air juga untuk kebutuhan pertanian.

“Mengingat saat ini semua menghadapi pandemi Covid-19, dan memasuki musim kemarau, sehingga untuk kebutuhan pangan harus tetap terjaga, khususnya di wilayah Kabupaten Bojonegoro.”Ujarnya.

Setelah dari Waduk Pacal dan Waduk Gongseng, Rombongan pun oleh bupati di ajak ke desa ngraseh kecamatan dander untuk melihat langsung air yang mengalir melalui saluran irigasi hingga sampai lahan persawahan milik warga.

Dimana Desa Ngraseh ini merupakan salah satu dari desa lainnya di Bojonegoro yang mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi dari Kementerian PUPR. (Ar/Red)