Deklarasi dan Pengukuhan Pengurus FWO Indonesia

oleh -912 views

JAKARTA, RakyatJelata.com – Puluhan wartawan yang rata-rata dari media online berkumpul di gedung juang 45, Menteng Jakarta Pusat, bertujuan untuk mendeklarasikan diri dalam satu wadah organisasi wartawan yakni Forum Wartawan Online Indonesia (FWOI). Selasa, (30/10).
“Sebagai insan pers yang memiliki fungsi sosial kontrol sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang, hendaknya ke depan wartawan harus mengerti kode etik jurnalistik dan melakukan segala tugas sesuai koridornya”. Demikian disampaikan Ketua Umum Forum Wartawan Online (FWO) Indonesia, Emy Marnala Manurung.
Tampak hadir dalam acara, Kadiv Humas Polri, Irjen Polisi Setyo Wasisto, penasehat dosen UI Firman Jayaderi, dan para wartawan senior lainnya yang disambut langsung oleh ketua FWO Indonesia, Dra. Marnala Emi Manurung.
FWO Indonesia periode tahun 2019 -2024, yang diketuai oleh Dra. Marnala Emi Manurung, seorang wartawan senior dari media “Sinar Pagi” ini dibuka dengan iringan lagu kebangsaan RI yakni “Indonesia Raya”, yang disusul dengan sambutan-sambutan.
Dalam sambutannya, Marnala menuturkan, “Jika dilakukan sesuai koridor, maka kita akan dilindungi. Jangan pernah takut menjadi seorang wartawan. Lakukan dengan tanggungjawab dan kode etik jurnalistik,” katanya.
Ia menambahkan, bahwa “wartawan adalah profesi mulia, oleh karena itu wartawan harus kritis tetapi tidak provokadidak. FWO ini hadir dengan visi membangun solidaritas dan soliditas dalam membangun melalui karya,” ujarnya.
Ia juga merasa prihatin, ditengah tugas mulia yang diembannya dan dilindungi UU serta dunia online yang semakin berkembang tetapi perlindungan terhadap wartawan ternyata masih minim.
“Keberadaan Dewan Pers yang harus melindungi tetapi faktanya belum bisa menjadi pelindung. Berdasarkan UU, wartawan harus dilindungi. Saya merasa terluka melihat kondisi seperti ini. Apakah perlu kita minta bubarkan saja keberadaan ‘Dewan Pers’ itu, agar kebebasan Pers bisa kita dapatkan,” serunya dengan nada tegas.
Di lokasi yang sama, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen. Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H mengucapkan selamat atas hadirnya FWO. Karena dengan perkembangan dunia digital maka keberadaan online mau tidak mau akan merambah kita semua Oleh sebab itu, keberadaan online menjadi kebutuhan masyarakat saat ini.
“Keunggulan media online saat ini lebih cepat dalam menyampaikan informasi (pemberitaan) dari pada media cetak dan media televisi, namun diharapkan wartawan harus memenuhi prinsip jurnalis salah satunya, berita harus berimbang,” jelasnya.
“Media online Inilah yang menjadi pesaing bagi media radio dan televisi. Tetapi yang jadi masalah adalah keberimbangan beritanya. Untuk memenuhi kecepatan tidak boleh mengabaikan prinsip jurnalistik. Saya ingin menyampaikan bahwa dalam penulisan berita diharapkan untuk selalu memegang pedoman pemberitaannya dan jangan lupa prinsip jurnalistik yaitu verifikasi, konfirmasi, dan keberimbangan antara sumber dan fakta,” tuturnya.
Ia juga menambahkan, “Selain itu Media harus sudah terverifikasi di dewan pers, karena dari 40 ribuan media online yang ada, baru sekitar 2 ribuan yang telah terverifikasi di Dewan Pers,” tutupnya.
Selain acara Deklarasi juga disertai acara pengukuhan pengurus dan penyerahan bendera organisasi kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama dengan pengurus dari berbagai daerah. (put/timRJ).

No More Posts Available.

No more pages to load.