Bupati Hendy Lantik Forum Anak Jember Angkatan Arum Daya Arsa

oleh -34 Dilihat

JEMBER, rakyatjelata.com – Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto, ST., IPU melantik Forum Anak Jember (FAJ) periode 2021-2023. Pelantikan berlangsung di dalam area Pondok Pesantren Asy Syfa asuhan KH. Nisful Laila, Sabtu, (19/2/2022).

Forum Anak Jember sangat diperlukan oleh Kabupaten Jember. Hal ini ditegaskan oleh Bupati Jember, Ir H Hendy Siswanto, ST., IPU usai melantik pengurus FAJ.

“Jember perlu suara anak-anak yang sebenarnya yaitu suara yang menginginkan keadaan ke depan itu seperti apa,” ungkap Bupati Hendy disambut tepuk tangan hadirin.

Bupati menerangkan kepada FAJ bahwa kondisi riil itu jauh lebih bermakna daripada dunia maya. Memang kita bisa berselancar kemanapun dengan gadget tetapi dunia nyata pasti berbeda.

“Dari dulu yang namanya pendidikan itu ya ketemu tatap muka dengan guru. Disana diajari ‘unggah-ungguh’ atau tata krama. Tidak boleh seorang anak itu berani menatap mata orang tua dalam bercakap-cakap. Itu artinya anak menghargai orang tua,” Bupati menjelaskan kepada FAJ.

Memang dimaklumi semua pihak pada pandemi ini pembelajaran lewat daring. Hendy Siswanto yang juga seorang ayah mengingatkan agar FAJ berdisiplin. “Gunakan waktu kalian dengan baik, waktu belajar ya belajar betul, waktu main yang main yang benar. Dengan demikian kalian akan fokus,” nasehat Bupati kepada mereka.

Pada sesi dialog Bupati memberi pertanyaan, apa yang masih kurang dari Pemkab? Salah satu anak maju dan menjawab, di trotoar masih belum banyak sarana kaum difabel. Mendengar jawaban itu Bupati senang dan bangga. Ternyata jawabannya itu cocok dengan pikirannya.

Hendy berpesan agar yang hadir siang itu bisa menjadi motor penggerak anak-anak lain melakukan perubahan. Minimal di lingkungan sekitar dengan mengajak berkegiatan yang positif.

Sementara itu Ketua FAJ, Nadia Gita Hardiyansyah mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Bupati Jember.

“Kami sebagai anak Jember mengharapkan agar Kabupaten Jember menjadi Kabupaten Layak Anak,” ucap Nadia sapaan Ketua FAJ.

Periode FAJ yang dipimpin Nadia disebut sebagai angkatan Arum Daya Arsa yang berartikan matahari kebahagiaan.

Nadia membacakan Sembilan Suara Anak Jember tahun 2021. Satu, anak Jember meminta dipenuhinya hak kebebasan berpendapat tanpa adanya diskriminasi dari pihak manapun. Dua, anak Jember ingin program pembagian Anak Indonesia Pintar, pembagian Kartu Indonesia Pintar lebih adil dan merata. Tiga, anak Jember terhindar dari segala kekerasan fisik dari pihak manapun. Empat, ingin diadakannya tempat pengasuhan anak-anak terlantar yang layak anak. Lima, ingin diperbanyak lagi sosialisasi gizi berimbang kepada desa-desa agar menurunnya kasus stating. Enam, ingin diperbanyak lagi sosialisasi tumbuh kembang remaja agar terhindar dari hal-hal negatif. Tujuh, ingin agar pemerintah dapat mengatasi kasus putus sekolah dan menyediakan fasilitas pembelajaran jarak jauh secara merata. Delapan, meminta diperbanyak sarana pengembangan diri dalam kebudayaan, tempat pojok baca dan even-even digital maupun non digital. Sembilan, ingin pengoptimalan pusat pelayanan terpadu dan peradilan pidana hukum dengan lebih baik.

Forum Anak Jember sedang bersiap menerima pelantikan

Sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Drs Suprihandoko, MM melaporkan bahwa saat ini sudah terbentuk 114 desa layak anak di Jember.

Forum Anak Jember Angkatan Arum Daya Arsa

Forum Anak dan Desa Layak Anak menjadi indikator-indikator dalam menentukan Kota atau Kabupaten Layak Anak. (Sigit)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.