Bobby Kejar Ketertinggalan Jember, Go to Digital Information

oleh -55 Dilihat

JEMBER, rakyatjelata.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Jember, Bobby Arie Sandy, S. STP bertekad mengejar ketertinggalan Jember dalam informasi publik menuju Smart Digital Information.

Menjadi tamu di stasiun televisi lokal Jember, Bobby menyampaikan tugas dan fungsi Dinas yang ia pimpin secara definitif sejak Tanggal 3 Januari 2022. Ia menjadi Plt Kadiskominfo per 23 Agustus 2021.

“Diskominfo mempunyai peranan yaitu rumusan dan pelaksanaan terkait dengan pembentukan opini, aspirasi ditingkat kabupaten yang mensuport program-program nasional,” Bobby mengawali perbincangan dengan presenter wanita stasiun televisi itu, Senin, (17/1/2022) pukul 20:00 WIB.

Selama ini, ia sampaikan kepada masyarakat lewat siaran langsung terkoneksi di media sosial Facebook, saluran informasi yang ada belum maksimal. “Sebelum saya masuk di Kominfo, web resmi Pemkab Jember sudah ada tetapi belum dimaksimalkan,” ucap Bobby.

Dibandingkan dengan Kabupaten lain, Bobby mengakui Jember masih tertinggal. Oleh karenanya ia membuat terobosan-terobosan agar tujuan Diskominfo tercapai.

Salah satu caranya adalah memaksimalkan informasi di OPD-OPD lewat integrasi web. Link PPID disambungkan dengan link web resmi sebelumnya.

Bobby saat ini juga masih merangkap sebagai Plt Camat Gumukmas. Ia melanjutkan, dalam membangun citra baik Jember, harus ada keterbukaan publik. “Web ini menyangkut inputing data update yaitu operator. Tidak bisa di Diskominfo sendiri karena PPID ini menyangkut pemberitaan se-wilayah Jember,” ia menjelaskan.

Supaya bisa berjalan maka penguatan sumber daya manusia (SDM) di masing-masing OPD haru mumpuni. Ada sekitar 70 saluran informasi yang dikoneksikan dalam web resmi Pemkab Jember saat ini.

Web Pemkab saat ini tersambung juga dengan Kemenpan RB sehingga setiap keluhan dan laporan dari masyarakat yang tidak ditanggapi dalam waktu tertentu maka akan mendapat notifikasi (mengingatkan) agar segera ditanggapi. “Itu masuk dalam penilaian kami juga,” imbuh Bobby.

Sudah saatnya Sistem Komunikasi dan Informatika Pemkab Jember dalam Smart Digitalisasi, dalam satu genggaman.

Bobby mengakui informasi dari Pemkab Jember tidak bisa begitu saja bisa diterima oleh masyarakat. Disana diperlukan media-media selain media Pemkab. Diskominfo membuka jalinan kerja sama yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU).

“Sebab teman-temanlah yang paling bisa diterima oleh masyarakat luas,” katanya.

Ia mengajak media lain agar memberitakan secara positif program pembangunan di Jember. Kenapa, sebab masih banyak potensi yang belum digarap dan dimaksimalkan, jawabnya.

Pada tahun ini juga Diskominfo sedang mempersiapkan Call Center. Sedang dirancang satu nomor untuk semua di 112.

Live Talk Show, Kadiskominfo Kabupaten Jember, Bobby Arie Sandy, S.STP

“Ada dua sambungan, kedaruratan dan pelaporan, Bobby berkata dengan semangat.

Call Center 112 nantinya terkoneksi dengan call center lain seperti Damkar, Kepolisian, Rumah Sakit, PMI dan lainnya.

(Sigit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.