rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Masih Ada Kontraktor Yang Tidak Pasang Papan Proyek, Dinas PUPR Bidang SDA Kemana? 

KARAWANG | rakyatjelata.com

Pembangunan Turap saluran pertanian Dusun Jatiboros RT.012 RW.004 Desa Kertajaya, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, jadi sorotan Warga Pekerjaan tidak sesuai spek ,Selasa (12/12/2023).

Baca Juga: Parah, Pemasangan U-ditch Didesa Pasir Tanjung Kecamatan Lemah Abang Pengawas Kemana?

Pasalnya, pekerjaan yang sudah berjalan beberapa hari ini tidak dipasang papan proyek. Sehingga hal ini membuat tidak transparan nya terhadap publik atau masyarakat.

Ada apa dengan dinas Pupr bidang SDA kabupaten Karawang?
Apakah memang ada intruksi dari bidang terkait,apa memang kontraktor nya yang memang ada niat untuk pasang papan proyek.hal ini akan terus menjadi pertanyaan publik atau masyarakat.

 

Sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 tahun 2008 dan perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai Negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek nomor kontrak,

 

Baca Juga: CV Mitra Unggul Sejahtera Kerjakan Peningkatan Jalan Diduga Curang, Diduga Kabid Dan Pengawas Tutup Mata

Pekerjaan proyek penataan turap Desa Kertajaya terlihat di kerjakan terburu-buru sehingga hasilnya tidak maksimal. Tidak ada pembongkaran pondasi, langsung dilakukan pemasangan batu belah tumpang tindih dengan pondasi batu yang lama Kuat dugaan penataan turap dikerjakan tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan di sinyalir bermain curang.

 

Halim warga setempat bersama awak media berkomentar “Pondasi turap lama tidak di bongkar, langsung di timpah dengan pasangan batu baru, Pekerjaan tidak ada galian tanpa kisadam untuk ketinggian pun tidak jelas ketinggiannya berapa. Untuk menutupi permainan curang itu langsung ditutupi dengan adukan semen,” ujar nya

"Untuk mencegah terjadinya kegagalan kontruksi, oleh karena itu sebagai Praktisi Kontruksi secara etika profesi dan profesionalisme harus benar-benar bisa mempertanggung jawabkan pekerjaan. Kami meminta agar pekerjaan itu di lakukan pembongkaran dan di tata ulang kembali,” Tegasnya .

Baca Juga: Danrem 084/BJ Tinjau Proyek Pengerjaan Sumur Bor di Bangkalan

Dinas PUPR Bidang SDA harusnya tegas buat himbauan ke semua kontraktor ,sebelum melakukan pekerjaan harus wajib pasang papan proyek dulu fungsinya biar masyarakat bisa mengetahui sumber dana dan total berapa Anggaranya,dan untuk para pengawas SP harus sudah ada jangan sampai pekerjaan sudah 50 % SP pengawas baru terbit ,apa yang harus diawasin kalau awal pekerjaan para pengawas tidak mengetahui.

Bidang SDA diwakili tim direksi menyampaikan ," kami bidang terkait tidak mungkin mengintruksikan ke semua kontraktor,bahkan kami tegas pekerjaan kalau tidak sesuai .ucap pak Dian

@di

Editor : Admin Rakyatjelata