rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Walikota Eri Cahyadi Tegaskan, ASN Harus Jaga Netralitas Pemilu 2024

SURABAYA I rakyatjelata.com-Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, Pemerintahan kota (Pemkot) Surabaya bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan mendukung penuh penyelenggaraan Pemilu 2024. "Bagaimana Pemilu di Kota Surabaya ini tetap berjalan dengan damai, nyaman dan kondusif," terang Eri usai mendeklarasikan Pemilu Damai 2024 bersama Bawaslu Surabaya di Balai Kota Surabaya, Kamis (23/11/2023).

Eri menegaskan, Pemkot Surabaya juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). SE tersebut berlaku bagi seluruh ASN pemkot agar bersikap netral di tahun politik dan menjelang Pemilu 2024.

Baca Juga: Bawaslu Surabaya Tekankan Tiga Isu Krusial

"Kita sudah mengeluarkan surat dan aturan untuk semuanya (ASN) agar selalu netral. Dan menyampaikan serta mengajak seluruhnya untuk melakukan Pemilu Damai," jelasnya.

Wali Kota Eri kembali mengingatkan bahwa Pemilu adalah sebuah kepentingan dunia sesaat. Karenanya, ia mengajak seluruh elemen di Kota Pahlawan untuk tetap menjaga tali silaturahmi dan gotong-royong. 

"Itu yang selalu saya sampaikan ketika turun, dan saya minta kepada jajaran camat, lurah dan Kepala PD (perangkat daerah) untuk menyampaikan hal yang sama," tuturnya.

Menurutnya, biarlah perbedaan dalam sebuah pandangan politik itu terjadi. Sebab, perbedaan itu adalah sebuah keindahan. Namun, kata dia, Tuhan telah memberikan hati dan qolbu kepada setiap manusia dalam menentukan pilihan terbaiknya.

"Gusti Allah memberikan hati dan qolbu kepada kita untuk menentukan pilihan dari hati, tapi jangan pernah saling memfitnah, jangan pernah saling menjatuhkan dan jangan pernah saling menyakiti," pesannya.

Ia menyatakan bahwa hingga saat ini suasana di Kota Surabaya berjalan dengan aman dan kondusif. Hal ini tentu tak lepas dari peran serta dukungan Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat di Kota Pahlawan.

"Alhamdulillah suasana di Surabaya tetap kondusif seperti hari ini. Karena kami sadar betul, bahwa guyub rukun Surabaya ini menjadi tonggak kemakmuran. Sehingga kami selalu mengatakan jangan saling fitnah dan jangan saling menjatuhkan," tegasnya.

Editor : hendro