rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Tempe "Gedebok" Buatan Warga Parengan Tuban Menggugah Selera

Foto (Doc) rakyatjelata.com
Foto (Doc) rakyatjelata.com

TUBAN | rakyatjelata.com - Halo sahabat rakyatjelata.com. Siang ini kami berkunjung di sebuah daerah yang bernama Parengan Kabupaten Tuban.
Ternyata di situ kami di beri oleh oleh.
Siapa sih yang tak kenal tempe? 
Jenis makanan berbahan baku kedelai ini begitu populer. Tak hanya di tanah Jawa, namun juga mudah didapatkan seantero negeri. Dan hebatnya lagi belakangan ini tempe mulai merambah ke mancanegara lo.  

Dengan harga yang cukup merakyat, tempe memiliki cita rasa gurih dan lezat. Belum lagi kadar gizi yang terdapat di antara butiran kedelai dan jamur. Makanan ini juga diyakini aman dan menyehatkan karena tanpa kandungan kolesterol. Bahkan menurut salah satu ahli kesehatan Dr Zaidil Akbar bahwa tempe adalah Pro Biotik. 

Tetapi tempe yang satu ini sangat berbeda dengan tempe yang ada di surabaya atau kota lain. Warga setempat menyebutnya 'Tempe Debogan'. Nama itu sendiri merujuk pada kata dalam Bahasa Jawa 'Debog' yang berarti batang pisang. Secara kemasan dan prosesnya sangat berbeda dengan tempe yang biasa kita lihat di pasar pada umumnya. 

 
"Tempe (seperti) ini buatan asli keluarga kami mas." kata Etik kepada awak media rakyatjelata.com  

Jumat, (5 Januari 2024) 

"Keberadaan tempe debogan seperti ini sudah ada sejak turun temurun nenek moyang kami." Lanjut Etik. 

Rupanya, ada alasan tersendiri di balik pemilihan bungkus batang pisang. Tempe yang dihasilkan lebih padat dan tahan hingga beberapa hari. Tak heran produk ini nampak mengundang selera bagi para penggemarnya. (Ki/Red) 

 

Editor : Admin Rakyatjelata