rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Hasto Klaim Jokowi Bantu Ganjar, Sebut Soal Pupuk Langka Usai Debat Pertanyaan Prabowo Subianto

avatar rakyatjelata.com
Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (Foto: istimewa/dokumen)
Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (Foto: istimewa/dokumen)

rakyatjelata.com-Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi dukungan terhadap capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Hal itu, kata Hasto dibuktikan dengan Jokowi yang memberikan perhatian terhadap program subsidi pupuk saat kunjungan kerja di Jawa Tengah.

Diungkapkan Hasto saat menjawab wartawan mengenai pertanyaan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang salahkan capres usungan PDIP Ganjar Pranowo soal kelangkaan pupuk di Jawa Tengah. Pertanyaan itu dikaitkan dengan kunjungan kerja terakhir Presiden Jokowi di Jawa Tengah.

Sebelumnya, debat perdana Calon Presiden (Capres) yang di gelar KPU RI, Selasa (12/12/2023) malam lalu, Ganjar merespons pernyataan Prabowo Subianto mengenai sulitnya pupuk di Jawa Tengah (Jateng).

Dalam debat itu, Prabowo menanyakan kepada Ganjar soal alasan sulitnya pupuk di Jawa Tengah semasa dia menjadi Gubernur.

Merespons hal tersebut, Ganjar mengatakan, kelangkaan pupuk memang terjadi di mana-mana.

Ganjar menjelaskan, kelangkaan pupuk tak hanya terjadi di Jawa Tengah, tapi juga terjadi di Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

Ia menegaskan, hal tersebut berdasarkan pengalamannya saat mendatangi daerah-daerah untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Kunjungan ini dilakukan Ganjar dalam rangka kampanye Pilpres 2024.

Hasto juga mengklaim kunjungan kerja Jokowi di Jateng itu bukti dukungan Jokowi terhadap Ganjar.

"Ya, itu Pak Jokowi membantu Pak Ganjar, Pak Jokowi di belakang Pak Ganjar," ujar Hasto dalam jumpa pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Jumat (15/12/2023).

"Apa yang disampaikan Pak Ganjar tentang KTP sakti ternyata senafas dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi," katanya.

Tak hanya itu, Hasto juga menyebut tanda lain Jokowi mendukung Ganjar. Hasto menyebut beberapa rangkaian kunjungan kerja (kunker) Jokowi, di mana lokasinya terkesan 'membuntuti' agenda kampanye Ganjar.

"Maka ketika Pak Ganjar di NTT kemudian Pak Jokowi ke NTT, itu kan artinya rakyat melihat Pak Jokowi di belakang pak Ganjar," ucap Hasto.

Sebagaimana diketahui, Jokowi melakukan kunjungan kerja (kunker) di Jawa Tengah, Rabu (13/12) kemarin. Dalam kunjungan kerja itu, Jokowi bertemu dengan penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan Babinsa se-Jawa Tengah.

Dalam kegiatan itu, Jokowi mengungkap keluhan para petani terkait pupuk. Jokowi lantas menyebut akan menambah subsidi pupuk, dan memberikan kebijakan pembelian pupuk yang tidak hanya paka kartu tani, bisa juga dengan KTP petani. (Ndro).

Editor : hendro