rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Libatkan Masyarakat, Satpol PP Provinsi Jawa Timur Gempur Rokok Ilegal di Kabupaten Blitar

avatar rakyatjelata.com

BLITAR, rakyatjelata.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Timur bersama Kanwil Bea Cukai Jawa Timur gencar lakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan di bidang cukai untuk pemberantasan rokok ilegal. Sosialisasi dilakukan bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa peredaran rokok illegal marak terjadi di Jawa Timur, dan tidak menutup kemungkinan ada di Kabupaten Blitar, sehingga diperlukan langkah preventif, diantaranya melalui sosialisasi.

Sosialisasi langsung pada masyarakat Kabupaten Blitar digelar selasa siang (19/09/2023) di Istana Garden House Caffe And Resto, Kademangan, Kabupaten Blitar. Hadir sebagai peserta unsur dari Kepolisian, TNI, Linmas, Ormas FKPPI, Kepemudaan, Pramuka dan Perwakilan Awak Media PWI Blitar Raya. Beragamnya unsur dari berbagai elemen menunjukkan komitmen bahwa peredaraan rokok illegal merupakan tanggung jawab bersama.

Baca Juga: Satpol PP Jatim Ikuti Gelar Apel Pasukan Operasi Aman AFF Semeru Bersama TNI-Polri

Para peserta antusias mengikuti sosialisasi yang dibuka oleh M. Hadi Wawan Guntoro, S.STP., M.Si., CIPA, Kasatpol PP Jawa Timur. Hadi menyampaikan Sosialisasi perundang undangan di bidang cukai ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat berkaitan dengan pemberantasan peredaran rokok ilegal. Pasalnya, peredaran rokok ilegal atau rokok tanpa cukai sangat merugikan penerimaan negara, masyarakat menjadi bagian penting bersama dengan pemerintah, komunitas, TNI, Polri dan teman-teman Pers dalam memberantas rokok illegal.

Selanjutnya Hadi Wawan Guntoro menegaskan bahwa Jawa Timur menjadi salah satu daerah penghasil rokok terbesar di Indonesia, sehingga dengan pemberantasan rokok ilegal akan meningkatkan pendapatan negara, yang nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat. Mulai dari peningkatan layanan kesehatan, infrastruktur dan lain sebagainya.

Baca Juga: Satpol PP Provinsi Jawa Timur bersinergi dalam Penyusunan Program Kegiatan Tahun 2025.

Jawa Timur sebagai daerah penghasil rokok yang potensial di Indonesia. Maka dari itu diperlukan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya cukai. Dimana hasil pendapatan dari cukai bisa digunakan oleh Negara untuk mensejahterakan warga. Ungkapnya.

Senada yang disampaikan Kasatpo PP, Bahkroni, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan Dan Bea Cukai Wilayah Direktorat Jendral Bea Cukai Jawa Timur II Malang, mengatakan bahwa selain dengan melakukan sosialisasi untuk pemberantasan peredaran rokok ilegal , Satpol PP Jawa Timur bersama Kanwil Bea Cukai Jawa Timur juga menggelar razia rokok illegal. Bahkan bulan lalu, bea cukai juga telah memusnahkan 16 juta batang rokok ilegal yang didapat dari hasil razia, dengan estimasi potensi kerugian mencapai belasan milyar rupiah.

Baca Juga: Materi Evakuasi Korban Bencana Kebakaran, Satpol PP Prov Jatim Latih Aparatur Damkar Se-Jawa Timur

Pihaknya menegaskan akan terus menekan peredaran rokok ilegal, apalagi Provinsi Jawa Timur termasuk daerah dengan produksi rokok terbesar di Indonesia, sehingga dengan pemberantasan rokok ilegal akan meningkatkan pendapatan negara, yang nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat. (*/Red)

Editor : ida