rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Lansia Yang Terbaring Sakit, Dinsos Surabaya Lakukan Penyaluran Langsung Ke Rumah

avatar rakyatjelata.com
Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Anna Fajriatin
Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Anna Fajriatin

SURABAYA I rakyatjelata.com-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya melakukan jemput bola dalam menyalurkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Permakanan ke rumah warga. Skema ini dikhususkan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial (bansos) yang mengalami keterbatasan atau sakit.

Seperti yang dilakukan jajaran Dinsos Surabaya pada Kamis (4/1/2023). Petugas mendatangi langsung salah satu rumah KPM di wilayah Kecamatan Pabean Cantian Surabaya. Sebab, KPM kategori lansia tersebut, tidak bisa datang ke kantor kecamatan untuk mengambil BLT permakanan karena tengah terbaring sakit.

"Seperti yang kemarin di Pabean Cantian, kalau memang dia tidak bisa datang, berhalangan karena sakit atau apapun, kita akan antar (BLT permakanan) itu ke rumahnya. Itu sudah menjadi SOP kita," kata Kepala Dinsos Kota Surabaya, Anna Fajriatin, Jumat (5/1/2024).

Anna menjelaskan, dalam program BLT permakanan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggandeng Bank Jatim. Karenanya, dalam setiap penyaluran, petugas Dinsos datang bersama Bank Jatim. Pun demikian saat jemput bola bagi KPM sakit, petugas Dinsos hadir ke rumah warga juga bersama Bank Jatim.

"Jadi yang datang petugas Dinsos bersama Bank Jatim, karena yang bawa uang kan dari bank. Jadi kita bersama-sama, datangnya ke sana," tuturnya.

Anna mengungkapkan, penerima BLT permakanan tahun 2024, berjumlah total 8.310 warga. Pihaknya pun menargetkan, salur BLT permakanan di bulan Januari 2024, bisa rampung pada Kamis (11/1/2024).

"Insyaallah 8.310, kami usahakan pada Rabu (10/1) sudah selesai, maksimal Kamis (11/1). Sehingga nanti harapan kita 100 persen BLT bisa diterima oleh KPM masing-masing," harap dia.

Selain itu, Anna juga menyatakan, ke depan penyaluran BLT permakanan bisa dimulai setiap awal bulan. Ia mengusahakan penyalurannya sebelum tanggal 5 sudah rampung.

"Karena kemarin masih awal tahun, tanggal 1 Januari libur, baru tanggal 2 (masuk), sehingga proses keuangan belum normal. Sehingga nanti harapan kita di awal bulan, sebelum tanggal 5 sudah bisa cair semuanya," tuturnya.

Sebagai diketahui, sejak Kamis 4 Januari 2024, Pemkot Surabaya melalui Dinas Sosial mulai menyalurkan program BLT permakanan. Bantuan tunai sebesar Rp200.000 yang diberikan setiap bulan tersebut, merupakan peralihan dari program permakanan siap saji.

Editor : hendro