rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Kodim 0830/Surabaya Utara Dampingi Sekolah Binaan Ikuti Kegiatan Persami Saka Wira Kartika Tingkat Daerah TA. 2023 Kodam V/Bawijaya

avatar rakyatjelata.com

MOJOKERTO, rakyatjelata.com - Kegiatan Pramuka merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter untuk membentuk jiwa serta karakter anak agar mereka menjadi generasi Emas pada masa mendatang, Peltu Agus Asmuni Bati Wanwil Sterdim 0830/Surabaya Utara Selaku Pamong saka wira Kartika, ikuti kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) Saka Wira Kartika Tingkat Daerah TA. 2023 Kodam V/Brawijaya bertempat di Bumi Perkemahan UTC (Ubaya Training Center) Trawas, Kabupaten Mojokerto, Minggu (10/09/2023).

Dalam kegiatan ini Peltu Agus mendampingi siswa-siswi dari SMK Siang Surabaya yang merupakan binaan dari Kodim 0830/Surabaya Utara.

Baca Juga: Asah Kemampuan Naluri Intelijen, Kodim 0830/Surabaya Utara Gelar Latorsar

Turut hadir dalam kegiatan Pabandya Wanwil Sterdam V/Brawijaya beserta Staf, Pembina Pramuka SWK Kodim 0815/Mojokerto, Para Bati Wanwil Stafter Kodam V/Brawijaya dan Peserta Persami 100 orang anggota Saka Wira Kartika.

Peltu Agus mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi pendidikan di bidang matra darat bagi anggota Gerakan Pramuka melalui kegiatan nyata, produktif, dan berguna bagi dirinya dan masyarakat sesuai dengan kondisi wilayahnya masing-masing, ucapnya.

"Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Kwarnas Nomor 205 Tahun 2009 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Saka Wira Kartika. Selain tujuan, ada Sasaran yang ingin dicapai, yaitu agar para siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan khususnya pengenalan matra darat dan keterampilan lain", jelasnya.

Baca Juga: Kodim 0830/Surabaya Utara Gelar Baksos untuk Veteran, Warakawuri dan Anak Yatim

Dalam Materi Saka Wira Kartika yang diberikan terdapat 5 krida, yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering, Krida Mountaineering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam. Krida adalah satuan kecil yang merupakan bagian dari Saka sebagai wadah kegiatan keterampilan tertentu, yang merupakan bagian dari kegiatan dan beranggotakan maksimal 10 (sepuluh) orang.

Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam rangka meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Baca Juga: Kaskogartab III/Surabaya Kunjungi Kodim 0830/Surabaya Utara

Matra darat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan, maupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat, seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

"Para peserta didik melaksanakan kegiatan dengan antusias dan penuh semangat. Diharapkan ilmu yang didapat bisa dilaksanakan dan diamalkan, melalui pengamalan Satya dan Dharma Pramuka, Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika ini akan menjadi wadah yang ideal dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual generasi muda." Pungkasnya.(*/id@)

Editor : ida