rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

PKB Peduli, Bagikan Pupuk Ke Petani Karawang

avatar rakyatjelata.com

KARAWANG | rakyatjelata.com-Musim tanam pertama, sebagian lahan pertanian di Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang – Jawa Barat sudah mulai diserang hama sundep. Melihat persoalan ini, PKB Karawang langsung bergerak ke lapangan dengan cara membagikan pupuk organik gratis kepada ratusan petani Dusun Sumurbatu Desa Sukamerta Kecamatan Rawamerta, Minggu (28/1/2024).

Di hadapan ratusan petani, Johandi Pengurus Katenda Karawang memperkenalkan pupuk Yomari Golden Organik. Menurutnya, pupuk ini sudah terbukti mengobati tanaman padi dari hama sundep.

“Produk ini sudah teruji di daerah Rawamerta lainnya seperti Cibadak dan Sukapura. Pare beureum (padi merah karena sundep), semprot sama pupuk ini,” papar Johandi, Minggu (28/1/2024) sore.

Adapun cara pemakaiannya, sambung Johandi, yaitu disemprotkan 5 hari sekali sampai tanaman padi layak cabut (panen). Dan kelebihan pupuk ini dapat mengurangi 50 persen pupuk kimia.

“Jadi ini program Pak Dewan (PKB, red) yang bekerja sama dengan kami. Jadi tidak hanya sekedar pembinaan dan pemberian pupuk saja. Tapi sampai dengan nanti petani memanen padinya,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC PKB Karawang, H. Rahmat Hidayat Djati (RHD) menyampaikan, kegiatan ini adalah program PKB dalam mengawal petani dari mulai musim tanam hingga panen.

Disampaikannya, program pembinaan petani ini sudah berlangsung lama, khususnya dalam rangka peningkatan produksi pertanian.

“Karena terkadang saat musim tanam pupuk suka langka. Belum lagi persoalan tanaman padi yang diserang hama. Makanya PKB hadir untuk membantu para petani,” kata RHD, saat didampingi Caleg PKB Dapil 2 Karawang, Lili Mahali.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat ini juga menjelaskan, pembinaan petani ini merupakan program berkesinambungan, sama halnya dengan program pemberian BJPS Kesehatan gratis untuk anggota Kompakdesi (Komunitas Purnabakti Kepala Desa Seluruh Indonesia).

“Jadi kita PKB ingin menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Makanya ada beberapa program PKB Karawang yang memang saya ciptakan sendiri secara pribadi. Salah satunya seperti pembinaan para petani ini,” tandas RHD, Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil X (Karawang-Purwakarta).

Terpantau, setelah melakukan pembinaan dan membagikan pupuk gratis terhadap ratusan petani di Sumurbatu – Sukamerta, RHD dan rombongan langsung bertolak mengecek langsung kondisi lahan pertanian di Cibadak dan Gombongsari. (red)

Editor : hendro