rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Timnas Indonesia Tekuk Tim Lemah Brunei Darussalam Skor Akhir 6-0

Timnas Indonesia saat menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023)
Timnas Indonesia saat menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023)

JAKARTA | rakyatjelata.com - Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026  Timnas Indonesia menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023) Timnas Indonesia tekuk tim lemah Brunei Darussalam skor telak 6-0.

Dimas Drajad mencetak hat-trick menit ke 6', menit ke 72 dan 90+2. Selain itu Ramadhan Sananta mencetak brace pada menit 63' dan 67' dan satu gol lagi dicetak Rizky Ridho pada menit ke 11.

Baca Juga: Jelang Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY Sebut Timnas tak Akan Remehkan Brunei

Pertandingan ini disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi itu dipadati ribuan penonton yang memadati tribun stadion kebanggaan Indonesia ini.

Sejak kick off babak pertama dimulai serangan gencar dilakukan Timnas Indonesia pada lima menit babak pertama.

Gocekan yang dilakukan Pratama Arhan dibantu oleh Asnawi Mangkualam termasuk Marc Klok terus menekan pertahanan Brunei Darussalam,

Untuk menjaga gawang tidak kebobolan, Brunei Darussalam menempatkan 8 pemain di bagian belakang guna menahan gempuran bertubi-tubi pemain Indonesia.

Dewi fortuna rupanya berpihak pada Timnas Indonesia ketika pertandingan memasuki menit ke 6.

Bermula dari serangan cepat pemain depan dimana Sandy Walsh dari sektor kanan penjaga gawang Brunei Darussalam melepaskan tendangan keras namun membentur tiang gawang.

Pantulan bola mengarah ke Dimas Drajad yang berdiri bebas melepaskan tendangan keras bola tidak mampu dibendung kiper Brunei Darussalam skor berubah 1-0.

Keunggulan 1-0 memotivasi anak asuhan Pelatih Shin Tae-yong terus melakukan tekanan.

Bahkan pemain belakang seperti Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Elkan Baggot, Pratama Arhan ikut turun melakukan serangan.

Laga memasuki menit ke 11 terjadi tendangan sudut di daerah pertahanan Brunei Darussalam dimana Saddil Ramdani menjadi eksekutor.

Tendangannya mengarah ke sektor pertahanan Brunei Darussalam disambut, Dimas Drajad dngan tendangan kaki kanannya bola mengarah ke gawang tercipta gol menjadi 2-0.

Unggul kecepatan dari pemain Timnas Indonesia membuat barisan pertahanan Brunei Darussalam kocar kacir.

Satu peluang lemparan kedalam yang dilakukan Pratama Arhan melambung ke gawang namun belum mampu menjbol gawang Brunei Darussalam.

Salah satu peluang Brunei Darussalam pada menit ke 26 dari tendangan bebas namun bola membentur pemain Timnas Indonesia sehingga selamatlah gawang Nadeo Argawinata.

Menjelang turun minum serangan cepat yang diperagakan Timnas Indonesia sedikit menurun, walaupun beberapa kali serangan mendadak dilakukan Asnawi dan kawan-kawan. Sampai usai babak pertama skor tetap 2-0 untuk keunggulan sementara Timnas Indonesia.

Memasuki babak kedua terjadi tambahan tiga gol.

Gol tambahan Timnas Indonesia menjadi 3-0 dicetak Ramadan Sananta dari titik penalti setelah pelanggaran yang dialami Sandy Walsh pada menit ke 63.

Selanjutnya Ramadhan Sanantha mencatatkan namanya di papan skor mencetak brace melalui sundulan menit ke 67 memanfaatkan umpan tarik dari Witan Suleman sehingga merubah skor menjadi 4-0.

Pertandingan dengan tensi tinggi diperagakan kedua tim dan serangan demi serangan terus dilakukan Timnas Indonesia.

Laga memasuki menit ke 72 terjadi kemelut di depan gawang lewat umpan lambung dari Asnawi mengirim bola ke area gawang dimanfaatkan dengan sempurna oleh Dimas Drajad melalui sundulan berubah skor menjadi 5-0. 

Memasuki menit ke 90+2 serangan yang dibangun Timnas Indonesia semakin cepat sedangkan Brunei Darussalam jadi bulan-bulanan.

Alhasil kemelut di depan gawang M. Haimie Nyarin mampu dimanfaatkan dengan sempurna Dimas Drajad mengecoh kiper sehingga merubah skor menjadi 6-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Masuknya Ramadhan Sananta, Egy Maulana Vikri dan Ricky Kambuaya merubah pola permainan Timnas Indonesia dengan serangan cepat memporakporandakan pertahanan Brunei Darussalam.

Kemenangan inipun disambut histeris penonton termasuk Presiden Jokowi berdiri mengangkat tangan sambil menunjuk 6 jari.

Hasil ini bertahan sampai usai pertandingan waktu normal 2x45 menit dan tidak ada lagi tambahan gol, skor akhir Timnas Indonesia menang 6-0.(*/id@)

Editor : ida