rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Jelang Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY Sebut Timnas tak Akan Remehkan Brunei

SURABAYA | rakyatjelata.com -  Timnas Indonesia pada laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2026 bakal menghadapi Brunei Darussalam pada Kamis 12 Oktober 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Menghadapi Brunei Darussalam nanti pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menegaskan tidak akan meremehkan lawan walaupun dari segi kualitas tim Garuda Muda lebih unggul.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tekuk Tim Lemah Brunei Darussalam Skor Akhir 6-0

Menurut Shin Tae-yong, bagaimanapun timnas tetap mempersiapkan diri denfan baik dan target menang wajib di tangan.

Mengutip dari laman resmi PSSI, dalam laga nanti, Shin Tae-yong tidak akan memainkan Edo Febriansyah, Marselino Ferdinan, dan Rafael Struick. Ketiganya mengalami cedera saat memperkuat klubnya masing-masing dan saat ini sedang dalam fase pemulihan.

Sementara kapten Indonesia Asnawi Mangkualam siapapun yang akan dimainkan oleh Shin Tae-yong tidak ada masalah. Ia juga tidak akan meremehkan Brunei, meskipun memiliki peringkat jauh di bawah Indonesia.

Indonesia saat ini menempati ranking 147 FIFA per September 2023 dengan koleksi 1.052,87 poin. Di sisi lain, Brunei berada di peringkat 191 dengan jumlah 887,58 poin.

Indonesia akan mendapatkan +8,66 poin jika bisa mengalahkan Brunei dari satu pertandingan. Jika bisa memenangi 2 pertandingan, skuad Garuda akan mengumpulkan tambahan +17,32 poin.

Jika itu didapat, Indonesia bisa naik 3 tingkat ke ranking 144 menggeser St. Kitts & Nevis (1058,06 poin di peringkat 146), Suriname (1063,06 poin di peringkat 145), dan Eswatini (1065,69 di peringkat 144).

‘’Kita akan bermain seperti biasanya. Dengan gaya cara kita bermain. Kami tidak akan meremehkan Brunei. Yang pasti kemenangan harus bisa kita raih,’’ janji Asnawi Mangkualam.

Jika menang dan lolos dari ronde pertama, Indonesia akan masuk babak penyisihan grup ronde kedua Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Pada ronde kedua, Indonesia harus finis sebagai dua teratas untuk bisa lolos ke ronde ketiga dan semakin dekat dengan pintu Piala Dunia 2026 yang bakal digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko dengan diikuti 48 tim.

Sementara dengan nada bercanda, kapten Brunei Darussalam Hendra Azam mengatakan amat mungkin mereka akan menerapkan formasi 8-1-1 untuk menghadapi Indonesia pada leg pertama ronde pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023).(*/id@)

Sumber : PSSI.org

Editor : ida