rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Animo Masyarakat Tinggi, Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

avatar rakyatjelata.com

SURABAYA I rakyatjelata.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana menambah lagi dua Rumah Anak Prestasi (RAP). Ini sebagaimana komitmen Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam menyediakan wadah atau tempat bagi anak-anak hebat untuk mengembangkan kreativitasnya.

Kepala UPTD Kampung Anak Negeri Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya Eva Rachmawati mengatakan, saat ini pemkot telah memiliki tiga RAP. Untuk lokasinya berada di Jalan Nginden Semolo No 23 Kecamatan Sukolilo, Jalan Sono Indah VII / 10 Kecamatan Sukomanunggal dan Jalan Mohammad Noer No 1 Kecamatan Bulak, Surabaya.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan Kesehatan Preventif, Pemkot Surabaya Resmikan 153 Pustu ILP

"Tiga RAP itu sudah beroperasi. Yang terbaru rencana di wilayah Surabaya Selatan, Dukuh Menanggal, saat ini dalam tahap penataan. Insyaallah RAP Dukuh Menanggal dalam waktu dekat diresmikan oleh Pak Wali Kota Eri Cahyadi," kata Eva Rachmawati, Rabu (27/3/2024).

Selain RAP Dukuh Menanggal, Eva mengungkapkan bahwa Pemkot Surabaya juga berencana menambah satu lagi Rumah Anak Prestasi. Namun, ia belum mengungkap di mana lokasi RAP kelima yang berencana dibangun oleh pemkot tersebut.

"Karena animo masyarakat begitu tinggi, sehingga kita berencana menambah dua RAP lagi. Ini diharapkan bisa menjangkau anak-anak hebat di seluruh wilayah Kota Surabaya," ujarnya.

Eva menerangkan bahwa RAP adalah wadah atau tempat bagi anak-anak hebat Surabaya untuk mengembangkan kreativitasnya. Melalui RAP diharapkan minat dan bakat anak-anak hebat atau anak disabilitas tersebut bisa tersalurkan.

Baca Juga: Program Satu Rumah Satu Sarjana, Pemkot Kota Surabaya Tingkatkan SDM Masyarakat

"Dengan adanya RAP ini kami harap anak-anak hebat di Surabaya bisa berprestasi tidak hanya di Surabaya tapi juga nasional bahkan internasional. Lebih dari itu, melalui RAP ini mereka diharapkan bisa menatap masa depan yang lebih baik lagi," harapnya.

Menurut dia, animo anak-anak hebat yang mendaftar di RAP sangat tinggi. Dinsos Surabaya mencatat, saat ini jumlah peserta didik di RAP Nginden mencapai 232 siswa, RAP Sonowijenan 190 siswa dan RAP Kedung Cowek yang baru diresmikan pada 7 Februari 2024, ada sekitar 94 siswa.

"Kegiatan di RAP setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 08.00 - 17.00 WIB. Semua fasilitas dan layanan di sana gratis untuk anak-anak hebat Surabaya. Bahkan, satu anak hebat itu bisa memilih banyak kegiatan di RAP," bebernya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Konser Anak Istimewa, Wujud Komitmen Nyata Memberikan Hak yang Sama Bagi Disabilitas

Eva menjabarkan bahwa ada berbagai kegiatan menarik yang bisa diikuti anak-anak hebat di RAP. Mulai dari pelatihan handicraft, membatik, menjahit, musik, modeling, fotografi hingga dongeng bahasa isyarat. "Pelatihan ini semua bersifat gratis. Syarat mendaftar cukup menunjukkan identitas KTP atau KK Surabaya," kata dia.

Tidak hanya itu, Eva menyebut, RAP juga menyediakan beberapa layanan gratis lain untuk anak-anak hebat Surabaya. Seperti di antaranya, ruang physiotherapy, ruang refleksi, ruang terapi wicara hingga layanan konsultasi psikologi serta dengan dokter spesialis anak.

"Alhamdulilah dari dunia usaha hingga stakeholder juga memberikan wadah kreasi yang seluas-luasnya kepada anak-anak RAP. Kita diberikan kesempatan tampil, performance di hotel-hotel dan mal. Bahkan mereka (anak-anak RAP) juga menjadi mentor misal terkait fotografi," pungkasnya. 

Editor : hendro