rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Wali Kota Surabaya Minta Jajaran Pemkot Tularkan Jiwa Korsa

avatar rakyatjelata.com
Perayaan HUT Damkar dan Satpol PP kota Surabaya, seluruh personel mengikuti upacara  di halaman Balai kota (Foto: Dok/istmw/ kominfo sby)
Perayaan HUT Damkar dan Satpol PP kota Surabaya, seluruh personel mengikuti upacara di halaman Balai kota (Foto: Dok/istmw/ kominfo sby)

SURABAYA I rakyatjelata.com-Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama jajaran Satpol PP dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 DPKP atau Damkar, dan merayakan HUT ke-74 Satpol PP serta HUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Sabtu (9/3/2024). Dalam perayaan yang digelar di halaman Balai Kota Surabaya itu, Wali Kota Eri bersama jajaran pemkot serta para camat sarapan pagi dengan duduk lesehan bersama para petugas Satpol PP dan Damkar.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri mengatakan bahwa acara kali ini sebenarnya buka upacara, tapi ini adalah perayaan ulang tahun karena dalam waktu yang hampir bersamaan, Satpol PP dan DPKP berulang tahun. Bahkan, acara ulang tahunnya Damkar secara nasional digelar di Surabaya dan ulang tahunnya Satpol PP digelar di Padang.

Baca Juga: Program Satu Rumah Satu Sarjana, Pemkot Kota Surabaya Tingkatkan SDM Masyarakat

“Jadi, hari ini saya mengadakan peringatan ulang tahun Satpol PP dan PMK Kota Surabaya,” kata Wali Kota Eri seusai acara.

Menurutnya, peran Satpol PP dan DPKP itu sangat luar biasa. Surabaya ini tidak bisa lepas dari petugas pemadam kebakaran, apalagi mereka harus berjuang dalam waktu respon time 7 menit sudah harus berada di lapangan. Dalam kondisi itu, tentu mereka tanpa mengenal takut, tanpa mengenal rasa khawatir untuk masuk ke dalam api yang begitu besar, untuk memadamkan api tanpa mengenal dan mengingat istri dan anaknya. “Jadi, perjuangan mereka sangat luar biasa,” katanya.

Demikian pula dengan petugas Satpol PP Surabaya. Mereka harus mengamankan Kota Surabaya tanpa mengenal waktu, harus berhadapan dengan orang dan harus menahan emosi untuk selalu melakukan penertiban dengan perikemanusiaan.

“Jadi, acara hari ini adalah bentuk rasa terimakasih kami dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kepada petugas Satpol PP, DPKP dan Linmas,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Konser Anak Istimewa, Wujud Komitmen Nyata Memberikan Hak yang Sama Bagi Disabilitas

Oleh karena itu, ia berharap semangat Korsa dari petugas DPKP dan petugas Satpol PP itu bisa menular dan bisa merasuk ke dalam korsa-korsa dinas lainnya di Pemkot Surabaya. Dengan cara itu, ia yakin rasa kekeluargaan dan rasa persaudaraan ini bisa membawa perubahan untuk Kota Surabaya.

“Saya yakin perjuangan teman-teman Satpol PP dan teman-teman Linmas dan teman-teman DPKP akan menjadi panutan dari seluruh teman-teman yang ada di Pemkot Surabaya, sehingga kita bekerja tanpa melihat siapa yang lebih baik tapi kita semuanya adalah yang terbaik,” tegasnya.

Selain itu, Wali Kota Eri juga berharap kepada pasukan Satpol PP dan DPKP untuk selalu bekerja dengan hati, untuk selalu mengedepankan kepentingan umat. Sebab, seperti yang dia selalu sampaikan bahwa dalam bekerja itu harus diniatkan ibadah, sehingga insyaallah Gusti Allah akan memberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Serahkan Penghargaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Terbaik ke Pemkot Surabaya

“Kalau kita niatkan pekerjaan ini sebagai ibadah, maka semuanya akan diberikan kekuatan, keselamatan, dan kelancaran oleh Allah SWT,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan terimakasih banyak kepada jajaran Satpol PP dan DPKP atas perjuangannya selama ini. Ia mendoakan semoga keluarga yang ditinggalkan dalam menjalankan tugas mulia itu bisa ikhlas. “Tetap semangat untuk petugas Satpol PP dan DPKP, Surabaya ini tidak akan ada artinya apa-apa tanpa kehadiran petugas Satpol PP dan DPKP,” pungkasnya.

Editor : arif