rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Dugaan Pungli Di BPN, Saber Pungli Karawang Harus Melakukan Penyelidikan

avatar rakyatjelata.com
Kantor Dinas BPN Kabupaten Karawang (Foto: Dok istimewa/rakyatjelata @di)
Kantor Dinas BPN Kabupaten Karawang (Foto: Dok istimewa/rakyatjelata @di)

KARAWANG | rakyatjelata.com-Dugaan Adanya pungli dilingkungan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Karawang menjadi perbincangan warga Karawang Selatan, Rabu (26/6/2024).

Pasalnya banyak masyarakat Karawang selatan terutama warga pangkalan loji yang mengeluh biaya untuk balik nama terlalu mahal.

Sertifikat yang diperoleh asal dari Tanah Negara Redis yang telah dibebaskan, pada inti nya disaat akan dijualbeli atau dibalik nama diperlukan "IJIN PERALIHAN HAK (IPH)" atas tanahnya, dan izin peralihan hak IPH ini, disini dikerjakan oleh oknum BPN inisial Hi, degan PNBP - 0 ,sama inisial Hi itu diduga meminta ke pemohon dengan jumlah yang besa, padahal aslinya gratis.

Narasumber inisial A yang sedang proses pemberkasan merasa kaget, dengan besarnya anggaran balik nama  negara memberikan nol biaya alias gratis. "Kalau cuma 200 ribu sampai dengan 500 ribu tidak masalah, tapi ini besar sekali sampai 5 juta lebih, ini sangat memberatkan, sedangkan kami lagi proses bukan satu, tapi banyak tidak kebayang berapa yang di pungli oleh oknum BPN inisial HI," terang narasumber.

Terpisah inisial Hi saat dikonfirmasi via sambungan seluler menjawab ungkapan singkat. "Maaf silakan langsung ke TU nanti diarahkan kemananya, yang jelas terkait Balik Nama bukan bidang kami," katanya.

Dari berita ini diterbitkan, kepala BPN saat dikonfirmasi tidak ada tanggapan apapun. (@di)

Editor : hendro