Siswa SMKN 3 Surabaya Mendapat Pembekalan Bela Negara dan Kedisiplinan di Markas Korem 084/BJ

Siswa SMKN 3 Surabaya Mendapat Pembekalan Bela Negara dan Kedisiplinan di Markas Korem 084/BJ

Surabaya,-Siswa SMKN 3 Surabaya baik laki-laki dan perempuan mendapat pembekalan Bela Negara dan Kedisiplinan di Markas Korem 084/BJ Jalan A. Yani No. 1 Surabaya. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 500 orang tersebut digelar pada hari Selasa (20/2/2024).

Baca Juga: TMMD Ke-119 akan digelar di Gresik dan Pamekasan

Pasi Bin Komsos Korem 084/BJ Mayor Inf Hendi Meindrawarman pada saat membuka kegiatan tersebut ia membacakan amanat tertulis Danrem 084/BJ Brigjen TNI Yusman Madayun, S.I.P. bahwa kegiatan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan upaya untuk menanamkan kesadaran bela negara bagi setiap warga negara khususnya bagi para generasi muda di lingkungan sekolah . Kegiatan ini dirasa sangat tepat terutama saat pemerintah selalu mendengungkan pendidikan berkarakter. Kita diharapkan bisa menjadi motor penggerak untuk memfasilitasi pembangunan berkarakter, sehingga warga masyarakat mempunyai kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis dan demokratis dengan tetap memperhatikan sendi-sendi negara kesatuan republik indonesia (nkri) dan norma-norma sosial di masyarakat yang telah menjadi kesepakatan bersama.

Baca Juga: Latihan Perorangan Dasar (Latorsar) Teritorial Kodim 0817/Gresik TA. 2024

Masih kata Danrem dalam amanat tertulisnya tersebut, bahwa pembangunan karakter dan pendidikan karakter menjadi suatu keharusan karena selain membentuk pribadi yang cerdas, juga menjadikan pribadi yang memiliki budi pekerti dan sopan santun serta integritas, sehingga keberadaanya sebagai bagian dari warga negara menjadi bermakna, baik bagi dirinya maupun lingkungan sekitarnya. Kita ingin membangun manusia indonesia yang berakhlak, berbudi pekerti, dan berprilaku baik, berintegritas serta memiliki wawasan kebangsaan. bangsa kita ingin pula memiliki peradaban yang unggul dan mulia. melalui pembekalan ini para peserta sebagai bagian dari masyarakat dapat menjadi masyarakat yang baik (good society).

Pembekalan ini menjadi sarana yang efektif dalam mewujudkan pembangunan karakter bangsa dalam arti yang luas. Bangsa yang berkarakter unggul, di samping tercermin dari moral, etika dan budi pekerti yang baik, juga ditandai dengan semangat, tekad dan energi yang kuat, dengan pikiran yang positif dan sikap yang optimis, serta dengan rasa persaudaraan, persatuan dan kebersamaan serta memiliki wawasan kebangsaan dan integritas yang tinggi.

Baca Juga: 102 Siswa Secaba di Rindam Brawijaya Resmi Dilantik Jadi Prajurit TNI-AD

"Sebagai bagian dari pendidikan berkarakter, kegiatan ini juga akan menyertakan pembekalan mengenai pentingnya pendidikan bela negara. dalam materi ini akan disampaikan tentang beberapa landasan yang menjadi dasar pendidikan bela negara itu sendiri. Dalam uud 1945 pasal 27 ayat (3) dinyatakan bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”. Untuk menunaikan tugas mulia tersebut, agar dapat dilakukan dengan baik, maka perlu suatu proses yang memadai sehingga apa yang diharapkan dapat dicapai. Untuk kepentingan inilah maka kegiatan kita hari ini menjadi hal yang penting dan perlu untuk dilaksanakan", Pungkasnya (Penrem084).

Editor : Admin Rakyatjelata

Berita   

Mengeluh Pusing Jadi Kades , Ini Alasanya!

Pemerintah Desa adalah Kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain yang dibantu perangkat desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa. Kepala Desa adalah pejabat Pemerintah Desa yang mempunyai wewenang tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan…

Berita   

Mandailing Natal Harus Bangkit.

Madina Sumut - Hari raya idul fitri bukan waktu atau kesempatan untuk melupakan segala permasalahan yang cukup banyak di Mandailing Natal ( Madina),…