rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Begini Cara Cermati Calon Legislator Berkualitas Di Pemilu 2024

Bojonegoro - Pemilu di tahun 2024 ini jatuh pada 14 Februari 2024, para peserta pemilu masih diberi kesempatan untuk menyampaikan visi, misi, program dan citra diri mereka kepada publik.

Perlu diketahui profesi anggota legislatif dinilai terhormat oleh banyak kalangan, termasuk masyarakat. Dengan mengemban peran sebagai wakil rakyat, anggota legislatif memiliki otoritas yang signifikan dalam menentukan roda pembangunan.

Baca Juga: Aktivis Mahasiswa Jatim: Wacana Pemakzulan Presiden Ada Kepentingan Politik Elektoral Terselubung

Jika melihat peran dan kedudukannya, maka tidak sembarangan politikus yang layak duduk di posisi itu. Tentu, harus ada kriteria tepat yang diberlakukan oleh negara dan partai politik dalam meloloskan seseorang menjadi calon anggota legislatif (caleg).

Pemilu memberikan amanah kepada wakil rakyat yang pantas dan layak untuk dipilih menjadi wakil yang ada di DPRD. Sebab wakil rakyat ini menjaga fungsi stabilitas anggaran yang dimiliki kabupaten Bojonegoro.

"APBD yang kita miliki 8 triliunan, memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap sosial ekonomi masyarakat. Fakta yang terjadi bahwa angka Rp 8 triliun, selama 5 tahun tidak pernah bisa mengurangi angka kemiskinan,"ungkap Sukur Priyanto selaku Wakil Ketua DPRD Bojonegoro.

Baca Juga: Pemilu 2024 Makin Dekat, Catalyst Institute: Pemilu Damai Dapat Terwujud

Karena mulai tahun 2018, kita berada di peringkat 27 termiskin se-Jawa Timur diantara 38 Kabupaten. Artinya besarnya anggaran tidak menjamin mengurangi angka kemiskinan.

"Sebenarnya tugas kita tidak hanya membangun jalan dan infrastruktur. Tetapi memiliki tanggung jawab membangun dan memperbaiki ekonomi rakyat masyarakat," imbuh Politisi Demokrat.

Baca Juga: Banyaknya APK Dipaku, Bawaslu Angkat Bicara

Lalu, tugas selanjutnya berupa lapangan pekerjaan. Sebab angka pengangguran setiap tahun naik secara signifikan, tentu kriteria memilih calon legislator harus mengenali orang/track record.

"Bagaimana sepak terjang, dedikasi integritas, bahkan ada nyali dan keberanian untuk menyuarakan apa yang diharapkan rakyat atau tidak. Karena proses 5 tahun ini cukup lama untuk membangun Bojonegoro lebih baik," ulasnya.

Editor : arif