Wujudkan transparansi, Desa Tegalkodo Beberkan Alokasi Dana Desa

oleh -1.071 views

BOJONEGORO,rakyatjelata.com- Wujudkan transparansi, Desa Tegalkodo Beberkan alokasi Dana Desa, Tegalkodo yang berada di wilayah Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro, adalah salah satu contoh yang baik. Pemerintah desa ini membeberkan rincian Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBD) tahun anggaran 2017. Isinya, menjelaskan seluruh bagian dari pemanfaatan dana desa yang diperoleh desa itu. Sangat lengkap, mulai dari asal dana hingga digunakan untuk kegiatan apa sampai berapa nilai anggaran yang digunakan. Rincian ini ditulis sebagaimana penggunaan sesungguhnya.

Pola yang dilakukan Pemerintahan Desa Tegalkodo membuktikan keterbukaan pemerintahan desa mengenai penggunaan anggaran, Cara ini bisa mendorong partisipasi masyarakat pada proses pembangunan desanya hingga pada hal-hal yang detail. sehingga perilaku penggunaan Anggaran Dana Desa dapat dikontrol serta tidak mungkin dilakukan penyimpangan oleh aparat pemerintah Desa.

kepala Desa Tegalkodo Tomy Listiono S.Sos mengatakan Pemerintah desa memang Harus menyampaikan informasi kepada masyarakat, karena dengan keterbukaan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat desa itu sendiri serta membiasakan masyarakat untuk ikut serta dalam melakukan kontrol terhadap penggunaan anggaran dana desa untuk pengembangan dan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa tegalkodo kecamatan sukosewu kabupaten bojonegoro