Tuhan, Sisihkan Rejeki Untukku..

oleh -2,598 views
‘Mak Koran’ sedang menjajakan korannya.

Surabaya, Rakyat Jelata.com –  Seribu satu jalan akan ditempuh seseorang demi bertahan hidup di kerasnya kehidupan kota. Terlagi ketatnya persaingan kehidupan kota. Dimana di kota besar ini makin berkembang pesat pembangunan di segala aspek. Dari megahnya gedung perkantoran swasta, perkantoran instansi pemerintah, Apartemen, hotel, hingga pemukiman elite pun menghiasi di setiap sudut kota.

Akan tetapi, sering nya kita melewatkan pemandangan kota dari sisi yang lain. Seringkali membuat kita buta terhadap bagaimana orang orang di sekitar kita yang bernasib kurang beruntung dibanding kita. Hingga tanpa kita ketahui, tujuan mereka hanyalah untuk bertahan hidup, hanyalah bagaimana mereka bisa makan hari ini, tak sedikit pun terpikirkan besok, lusa, bahkan yang akan datang, terlagi terlintas di benak mereka, hanya demi pujian orang, bahkan hanya untuk memperkaya diri sendiri.

Hal itu seperti yang terjadi pada seorang nenek di Surabaya, nenek War, (75th) yang lebih dikenal akrab dengan nama panggilan ‘mak koran’. Di usia yang tergolong senja, tak menyurutkan niat ‘mak Koran’ untuk tetap berjuang bertahan hidup hanya demi mencari sesuap nasi di setiap hari hari nya. Bisa berjualan koran setiap hari merupakan suatu berkah tersendiri bagi ‘mak koran’. Dengan caranya mendapatkan koran dari pengepul seharga Rp 1.500/lembar koran ini dan di jualnya kembali dengan harga 2.000 rupiah per lembarnya.

Menurut penuturan ‘Mak Koran’, dalam setiap harinya ia hanya mampu menghabiskan 10 lembar sampai 15 lembar koran, mengingat usianya yang telah ‘sepuh’, dan langkahnya yang telah tertatih tatih itu, Mak koran terbilang seorang sosok yang gigih meski tampak agak lambat dalam menjajakan korannya.

Saat di temui awak media rakyatjelata.com di lokasi tempat jualan korannya, yakni di salah satu perempatan surabaya pusat, mak koran lebih banyak menuturkan masa lalunya, yang mana sebelum akhirnya ia memutuskan untuk berjualan koran.

No More Posts Available.

No more pages to load.