Tradisi Unik Pemilu, Air Kunyit Sebagai Pengganti Tinta

oleh -326 views

CIREBON, Rakyat Jelata – Warga Benda Kerep, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon Jawa Barat Punya Tradisi Unik Saat Pemilu. Warga di sana mengganti tinta dengan kunyit untuk menunjukkan warga telah menggunakan hak pilihnya.

kebiasaan itu sudah berlangsung cukup lama. Alasannya, warga khawatir tinta itu membuat shalat tak sah, untuk menyiasatinya jadi diganti dengan tinta terbuat dari bahan kunyit.

Kebiasan tradisi unik ini menurut salah seorang tokoh agama yang kerap di panggil oleh warga, kang Ahid ini, entah dari tahun berapa sejak dirinya masih kecil tradisi ini sudah berlangsung ada, hingga saat inipun tradisi menggunakan tinta yang terbuat dari kunyit ini masih berjalan, tujuan digantinya dengan tinta terbuat dari bahan kunyit ini tak lain, agar ibadah seperti shalat dan lain-lain menjadi lebih afdhol. 


Daerah benda kerep adalah sentral pondok pesantren dikota Cirebon, maka para alim ulama menghawatirkan jika menggunakan tinta tulis yang melekat dijari membuat wudhlu kita tidak sah sehinga takut berpengaruh kepada setiap orang yang akan melaksanakan ibadah shalat dan lain-lain, maka dari itulah disiasati diganti dengan tinta yang terbuat dari kunyit, jelasnya.

Ditambahkan kang Ahid, yang menggunakan tinta terbuat dari bahan kunyit bukan hanya di TPS ini saja, namun ada empat TPS, yaitu, TPS 57, 58, 59, 60 semuanya menggunakan tinta terbuat dari kunyit.Dede/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *