Tim PKM Unitomo Perkuat Akses Berusaha Bagi Pengusaha Perempuan Melalui Pemasaran Produk Secara Online

oleh -35 views

Foto : Mustika Winedar, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengajarkan pemasaran secara online kepada pelaku UMKM Depot Citra


SURABAYA,rakyatjelata.com – Tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) yang diketuai Maria Agustini, Dosen Fakultas Pertanian (FP) dan beberapa anggotanya upayakan pemberdayaan pengusaha perempuan dengan cara membuka akses berusaha, mendorong peningkatan kemampuan digital dan menciptakan lingkungan kerja yang adil serta aman merupakan isu global dalam rangka mengurangi kesenjangan kesetaraan perempuan di bidang ekonomi.

Ditemui di ruang Tata Usaha (TU) FP, Maria mengatakan timnya fokus menangani persoalan yang dihadapi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Depot Ceria, yaitu permasalahan pada aspek produk, pemasaran, dan keuangan. “Saya dibantu anggota yang terdiri dari rekan dosen yakni bu Mustika Winedar, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis atau FEB, dan ibu Wahyu Widayati, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau FKIP. Semua bersinergi memecahkan persoalan yang terjadi pada Depot Ceria”, ungkapnya.

Ika menambahkan, ketika di lapangan pada Juli hingga Agustus lalu menemukan tiga aspek permasalahan yang disepakati, diantaranya mitra menghadapi kendala dari aspek produk, pemasaran, dan keuangan. “Sejak beberapa bulan lalu melakukan pengabdian, solusi jangka pendek yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan diatas yang pertama adalah menciptakan inovasi produk. Kedua, mengoptimalkan pemasaran online. Dan ketiga, meningkatkan pengetahuan dan penerapan akuntansi sederhan untuk bisnis UMKM”, imbuhnya.

Foto : Maria Agustini, Dosen Fakultas Pertanian menyerahkan log book solusi persoalan kepada pelaku UMKM Depot Citra

Sementara itu, Amirul Mustofa, sebagai reviewer pada saat monitoring dan evaluasi (monev) internal, mengatakan kegiatan yang dilakukan sangat memberikan manfaat bagi mitra. “Transfer of knowlage tersebut diharapkan memberikan manfaat bagi mitra untuk dapat mengembangkan UMKM, dalam hal ini Depot Citra”, ujarnya yang juga Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kamis 24 November 2022.

Berangkat dari Undang-Undang (UU) Republik Indonesia (RI) No. 44 tahun 2015 tentang kewajiban Perguruan Tinggi untuk memiliki rencana strategis pengabdian kepada masyarakat, hal inilah yang mendorong TIM PKM Unitomo yang diketuai Maria Agustini untuk melakukan pengabdian pada mitra UMKM Depot Citra. Tentunya, program ini diharapkan menginisiasi terbentuknya kolaborasi di wilayah atau kawasan mitra terkait yang diindikasikan dengan meningkatnya kualitas hidup dan apresiasi masyarakat terhadap dunia perguruan tinggi. Serta hubungan harmonis antara dunia perguruan tinggi, Dunia Usaha, dan Dunia Industri (DUDI) dan masyarakat dapat terjalin lebih erat.

id@

No More Posts Available.

No more pages to load.