Rumah Sakit Proklamasi Buang Limbah Medis Tidak Pada Tempatnya, Diduga Ada Oknum DLHK Yang Diuntungkan 

oleh -866 views

Karawang, Rakyat Jelata.com -Pemerintah harus bertindak tegas terhadap pihak rumah sakit yang membuang limbah medis sembarangan, pasalnya sampah medis yang mengandung bahan berbahaya dan beracun seringkali ditemukan oleh petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang. (23.04.19).

Diakui Emon pengawas kebersihan DLHK wilayah UPTD Rengasdengklok, pada Kamis, (18/04) kemarin menemukan satu karung limbah medis berupa jarum suntik, selang Infus, botol obat, perban pasien dan jenis limbah medis lainnya ditemukan saat sampah dipilah-pilah oleh karyawan kebersihan CV. Putra Dengklok Mandiri.

“Saat karyawan kebersihan memilah-milah sampah di Depo Rengasdengklok dia tertusuk jarum suntik hingga banyak mengeluarkan darah, dari situlah diketahui satu karung yang menyatu dengan sampah rumah tangga ternyata isinya limbah medis. Kemudian saya langsung melaporkannya ke pihak rumah sakit proklamasi, sebab sampah itu diambil dari RS Proklamasi” kata Emon kepada awak media Senin, (22/04/19).

Dia mengaku terima uang 300 ribu rupiah setelah limbah medis dikembalikan kepada pihak RS Proklamasi. “Malam itu juga sekitar jam 8 limbah medis saya kembalikan kepada pihak rumah sakit Proklamasi, sebab pihak RS puluhan kali telepon saya, agar limbah medis dikembalikan dan pihak RS juga minta agar saya tidak melaporkan kepada atasannya” tutur Emon.

Masih kata Emon, Limbah medis bukan hanya ditemukan dari RS Proklamasi saja, tetapi dari pelayanan kesehatan lainnya juga sering ditemukan, menurutnya jika ditemukan satu jarum suntik saja, ia bisa ngantongi uang Rp. 3 jutaan dari pihak pelayan kesehatan yang sampahnya diangkut.


Sementara Lili Sajili yang ditunjuk sebagai mitra DLHK dalam urusan kebersihan di wilayah UPTD Rengasdengklok belum bisa memberikan keterangan kepada awak media terkait adanya limbah medis yang ditemukan di Depo.

“Saya belum bisa memberikan keterangan secara lengkap karena saya lagi dirawat dirumah sakit. Nanti saja kalau saya pulang” ujar Lili Sajili saat dihubungi lewat telfon selulernya. (Di/Is/Red)