Roy Suryo Lupa Lagu Kebangsaan.

oleh -1.071 views

SURABAYA, rakyatjelata.com – Sebagai warga negara Indonesia, baik rakyat maupun pejabat, hafal dan memahami substansi lagu kebangsaan itu sangat penting. Di sanalah kita bisa ‘mengisi’ ulang jiwa nasionalisme yang kadang pudar karena kepentingan egois diri dan kelompoknya masing-masing.
Terus bagaimana jika seorang pejabat tak hafal pancasila bagaimana mungkin dia bisa mengaplikasikan pancasila dalam hidup dan kepemimpinannya jika menghafalnya saja tak bisa, dan bagaimana rasa nasionalismenya ketika lagu kebangsaan tak bisa dihafal dan lebih sulit lagi jika dijiwai dan diaplikasikan dalam kehidupan pribadi dan khususnya kehidupan berbangsa.
Seperti Baru-baru ini di jagad dunia maya di hebohkan beredarnya video Peristiwa memalukan yang melibatkan anggota DPR Komisi VI, Roy Suryo. Ia tidak hafal saat menyanyikan kebangsaan lagu Indonesia Raya.
Tampak miris sekali dalam video tersebut, wakil rakyat, Roy Suryo saat menyanyikan lagu kebangsaan lagu Indonesia raya di tengah lagu kebangsaan itu, Roy Suryo terlihat terhenti karena tidak hafal lagu kebanggan bangsa Indonesia ini.
Setelah kami telusuri kebenaran dari video tersebut di Google, ternyata peristiwa itu memang benar terjadi. Peristiwa itu terjadi beberapa tahun lalu saat pertandingan kompetisi Indonesia Super League (ISL) antara  tuan rumah Persija Jakarta menghadapi Persib Bandung, yang digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman Yogyakarta, tepatnya Rabu (28/8/2013) sore. Pada saat peristiwa itu Roy Suryo masih menjabat sebagai menteri Pemuda dan olah raga.
Seperti yang di beritakan beberapa media nasional pada waktu itu, Kejadian bermula dari ketegangan yang terjadi antara dua kelompok suporter, yakni The Jakmania yang merupakan pendukung Persija, dan Viking yang merupakan pendukung Persib. Aksi saling lempar dan saling ejek antara kedua kelompok suporter itu mewarnai pertandingan.
Untuk menenangkan kedua suporter, Menpora Roy Suryo mengambil mikrofon, dan mengajak mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Sayangnya saat di tengah lagu kebangsaan itu, Roy Suryo malah salah lirik. Lirik lagu yang seharusnya “Di sanalah Aku Berdiri”, malah dinyanyikan oleh Roy Suryo dengan lirik “Di sanalah tanah airku”.
Jadi miris melihatnya, sekelas Menteri pun sudah lupa akan lagu nya sendiri. bagaimana dengan generasi di bawahnya?
(arif/