Reses H.Sabta Bangun Dan H.Faisal Haq Ungkap “Masyarakat Keluhkan Pupuk Subsidi Dan Maraknya Pencurian”

oleh -507 views


Langkat, Rakyatjelata.com – Wakil Ketua DPRD Langkat, H.Sapta Bangun SE, dan Anggota DPRD Langkat, H.Faisal Haq, lakukan Reses secara kelompok di Desa Pematang Cengal Barat, Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Minggu (3/3) sekitar pukul 14.00 wib.

Reses tahap l tahun 2019 di Daerah pemilihan (Dapil) lll ini, bertemakan ” Terwujudnya Pokok -pokok pikiran anggota DPRD Kabupaten Langkat Sebagai tindak lanjut aspirasi masyarakat.”

Kedua anggota DPRD Langkat dari Partai Demokrat ini, dicerca pertanyaan dari beberapa persoalan masyarakat, diantara persoalan pertanian, infrastruktur, perikanan dan persoalan hukum.

Darnawan, selaku pengurus Kelompok Tani Di Desa Pematang Cengal Barat, mengatakan, para petani didesanya mengeluhkan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, dikala petani membutuhkan pupuk tersebut.

” Kami disini petani mengeluhkan akan pupuk bersubsidi, dikala petani melakukan tanaman padi,” ungkapnya Darmawan, yang berharap dalam Reses ini, H.Sabta Bangun dan H.Faiasal Haq dapat memfasilitasi petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi tersebut.

” Kami juga memohon agar, ada pembangunan tanggul dari Pemerintah, baik pemerintah Sumut dan Kabupaten Langkat, terkait seringnya kebanjiran didesanya, akibat lupan sungai Sei Batang Serangan di Tanjung Pura, yang mengakibatkan tenggelamnya tanaman padi sawah, dan genangan air dipemukiman warga,” bebernya Darmawan.

Kemudian Syahrial, selaku masyarakat setempat, mengeluhkan tentang keresahan masyarakat, akibat sering terjadinya tindak pidana pelaku pencurian ternak masyarakat, seperti ayam dan itik.

Selain ternak, sebut Syahrial, masyarakat juga banyak kehilangan barang-barang lainnya, seperti barang elek tronik, mesin dap (mesin air) hingga peralatan sampan nelayan dan lainnya.

“Kita minta aparat Kepolisian Poksek Tanjung Pura dapat melakukan penangkapan pelaku pencurian didesanya, yang sudah sangat meresahkan warga,”cetusnya, Syahrial.

Kemudian beberapa nelayan juga memohon bantuan untuk alat tangkap nelayan dari Pemerintah, berupa jaring, sampan dan mesin sampan dan lainya.

Menanggapi hak itu, H.Sabta Bangun, mengatakan, siap akan menampung aspirasi masyarakat ini.

” Kita akan upayakan, menuntaskan keluhan masyarakat ini nantinya. Usai Reses ini, katanya, kita akan melakukan rapat interen di DPRD Langkat soal keluhan masyarakat,” paparnya Sabta Bangun.

Soal masalah maraknya pencurian, H.Sabta Bangun memberi kesempatan kepada Babhin Kabtifmas didesa ini, yaitu kepada Brigadir Afriandi untuk menjawab keluhan masyarakat, ungkapnya Sabta.

Babin Kamtibmas Desa Pematang Cengal Barat, Brigadir Afriandi mengatakan, soal laporan tindak kejahatan pelaku pencurian ini, sudah kita tindak lanjuti dengan melakukan patroli dua hari sekalinya.

Namun katanya, untuk melakukan penangkapan pelakunya, pihaknya juga berharap ada bantuan laporan dari masyarakat kepihak Kepolisian, dalam hal ini Ke Poksek Tanjung Pura.

” Kita butuh informasi maupun saksi dari masyarakat dalam mengungkap pelaku tersangka pencurian ini. Kemudian dirinya juga meminta Siskambling didesa ini diaktifkan, dan nantinya akan kita lakukan peng absenan bagi yang jaga malam, sewaktu-waktu kami mendadak datang,” ungkapnya Brigadir Afriandi.

Afriandi yang juga selaku Juru Periksa (Juper) di Polsek Tanjung Pura mengatakan, dalam hal pengamanan, dirinya terkadang juga harus membantu desa yang lain, dalam mengungkapkan kasus -kasus, sesuai perintah atasannya.

” Saya juga pegang dua BabinKamtibmas di desa, dan itu juga harus didatangi dalam hal pengamanan, diantaranya, BabinKamtibmas di Desa Teluk Bakung dan Desa Pematang Cengal Barat ini, katanya.

Sementara H.Faisal Haq, seusai Reses mengatakan, persoalan keresahan masyarakat terkait maraknya aksi pencurian di Desa Pematang Cengal ini, akan dibahas nantinya, dirapat Interen DPRD Langkat.

Soal keluhan masyarakat dari aksi pencurian barang -barang milik warga didesa ini, akan kita proritaskan didalam pembahasan di DPRD Langkat, uangkapnya Anggota DPRD Langkat ini.

Hadir juga di Reses itu, Kepala Desa Pematang Cengal Barat, Drs.M.Kasim, Kepala Desa Pematang Cengal Timur, Arusman, ibu -ibu PKK desa, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.(reza/red)