Rakyat Mulai Berontak, Anggota Satpol PP Kena Bacok

oleh -1.996 views

Surabaya, Rakyat Jelata.com – Suasana masih memanas di pasar keputran dengan adanya kejadian pembacokan kemarin yang dilakukan oleh pedagang pasar keputran dengan anggota Satpol-PP Surabaya yang di sebabkan adanya pengambilan dagangan milik pedagang, telah membuat pedagang emosi dan secara spontan membabat anggota Satpol-PP yang lantaran terus memaksa mengambil dagangan tersebut, mungkin akan beda cerita jika seandainya hal tersebut dilakukan dengan cara persuasif, tak ada asap jika tak ada api. perlakuan terhadap pedagang itulah yang mungkin menjadi faktor pemicu suasana berdarah tersebut.

Pada saat kejadian tersebut, berawal dari Satpol PP kembali berulah mengambil dagangan milik pedagang, tomat satu keranjang dan jagung beserta alat timbangan yang biasa di gunakan jualan berusaha di sita oleh anggota Satpol PP.

Penertiban dan pengambilan paksa oleh Satpol-PP yang berdalih hanya dengan alasan pedestrian, hal itu yang akan memancing kembali kemarahan para pedagang, yang beranggapan, mereka (satpol PP) “Mateni Sandang Pangane wong mek gawe dalan”, jika tak pernah ada solusi bagi mereka, dikhawatirkan peristiwa berdarah seperti kemarin akan terus terulang kembali.

Terkecuali dengan adanya sikap persuasif dan tidak mengesampingkan sisi humanity, dalam perlakuan satpol PP pada pedagang yang berjualan di pasar keputran sangat bisa meminimalisir resiko jiwa yang terjadi.

Dengan adanya kejadian berdarah terhadap korban Satpol-PP semua anggota Satpol-PP di kerahkan dengan jumlah lebih banyak dan dibantu puluhan anggota kepolisian dari Polsek Tegal Sari, bahkan akses menuju kepasar keputran di persempit dengan cara melintangkan kendaraan truk yang biasa untuk mengangkut anggota Satpol-PP. bahkan di tambah lagi dengan pagar lipat supaya pedagang yang biasa berjualan menggunakan motor gerobak roda tiga tidak bisa masuk lagi untuk bisa berjualan di malam hari. Yang mana seperti biasa mereka berjualan di pinggir jalan yang menuju kepasar keputran utara tersebut.

Dengan penyempitan akses jalan membuat pasar menjadi tampak sepi, larangan pedagang untuk masuk berjualan di akses jalan yang menuju pasar keputran adalah suatu dampak dengan adanya kejadian pembacokan salah satu anggota Satpol PP kemarin. (Tim/RJ)