Program Akhir Tahun DKJ FESTIVAL 2018

oleh -678 views

JAKARTA, RakyatJelata.com – Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) jelang akhir tahun, persembahkan rangkaian program yang dirangkum dalam “DKJ FEST 2018”. Program ini merupakan program kesenian yang melibatkan seluruh komite di DKJ, yakni Komite Film, Komite Musik, Komite Sastra, Komite Seni Rupa, Komite Tari, dan Komite Theater yang akan mempersembahkan program unggulannya. Dengan harapan bisa mendukung kegiatan dan pengembangan kehidupan kesenian di wilayah Provinsi DKI Jakarta, yang sesuai dengan tugas dan fungsinya sejak DKJ terbentuk.
“Festival ini tetap berorientasi pada pengawalan kualitas kesenian di Indonesia, khususnya di Jakarta. Hal ini menjadi bagian dari peningkatan kualitas peradaban kita. Oleh karenanya program-program yang sudah kami rancang untuk akhir tahun ini disatukan menjadi DKJ FEST 2018 sebagai sebuah pendekatan baru dalam mengelola program-program yang berkualitas,” ujar Karseno selaku Ketua DKJ.
Kebijakan pengembangan kesenian yg dihasilkan oleh DKJ tercermin dalam bentuk program tahunan yang diajukan enam komite DKJ dengan menitikberatkan pada skala prioritas.
Program tersebut dimulai pada pertengahan bulan Oktober hingga bulan Desember 2018. Berikut rangkaian acaranya :
Pekan Pertama : Diawali dengan pembukaan Pameran Proyek Seni Perempuan Perupa yang mengambil tema “yang tersingkap dibalik jilbab” pada Rabu lalu tanggal 17 Oktober pukul 19:00 wib di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki. Kemudian dilanjutkan dengan Konser Orkes Kota Jakarta City Philharmonic edisi #17, sebuah program yang digagas oleh Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dengan mengusung tema “Yuwana” yang membawakan tiga repertoar dan dikomandoi langsung oleh Budi Utomo Prabowo (Pengaba Utama JCP).
Pekan Kedua : Diisi dengan program IMAJITARI (International Dance Film Festival), yang diselenggarakan atas kerjasama Komite Tari DKJ dengan Badan Ekonomi Kreatif, Fakultas Film dan Televisi IKJ, Goethe-Institute Indonesian, Kineforum, dan Sekolah Pascasarjana, berlangsung mulai tanggal 22-24 Oktober 2018 yang bertempat di Kineforum, Taman Ismail Marzuki, dan di Puncak acara adalah Awarding Night pada 25 Oktober pukul 19:00 wib bertempat di Gedung Kesenian Jakarta.
Pekan Ketiga : Program Djakarta Theater Platform yang dirancang oleh Komite Theater bekerjasama dengan British Council Indonesia dan Fakultas Film & Televisi IKJ yang berlangsung di Studio Tom, FFTV IKJ pada tanggal 22-29 Oktober 2018, dengan menghadirkan kelompok theater Corious Directive (Norwich) yang akan menampilkan “Frogman”.
Pekan Keempat : Pada awal November, akan digelar Pekan Komponis Indonesia, yang mana pada tahun ini bekerjasama dengan Komunitas Salihara, yang akan berlangsung selama tiga hari (2-4 November 2018) di Salihara, Jakarta, yang menyuguhkan rangkaian Workshop, Diskusi, dan Konser dari para komponis yang telah terpilih.
Masih dari Komite Musik, konser orkestra Jakarta City Philharmonic edisi #18 akan kembali hadir pada 9 November sebagai penutup konser JCP di sepanjang tahun 2018 ini. Begitu pula dengan Kineforum yang akan menghadirkan program dengan judul “Langit Yang Beda” yang akan berlangsung pada 9-18 November 2018, yang akan dilanjutkan dengan program Lintas Komite pada 10 November 2018 di Taman Ismail Marzuki dengan menampilkan Pidato Kebudayaan, yang akan dibawakan oleh Dosen Filsafat Saras Dewi, menyoal tentang isu kebudayaan terkini.
Pada pertengahan November, DKJ FEST akan persembahkan Festival Theater Jakarta (FTJ) yang memasuki tahun ke-46. FTJ akan menampilkan 17 grup (15 grup peserta dan 2 grup pemenang tahun lalu), yang mana akan dilaksanakan pada 12-27 November 2018 di Theater Kecil dan Theater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM).
Pameran Lukisan koleksi DKJ juga akan digelar pada 20-30 November 2018 yang bertempat di Galeri Cipta II, TIM. Yang mengusung tema “Hikayat Alam Permai”. Dan akan dilanjutkan dengan Peluncuran Buku Pedoman Festival Film di acara Jogja-Netpac Asia Dilm Festival 2018 yang akan berlangsung pada 27 November hingga 4 Desember.
Rangkaian program DKJ FEST 2018 akan ditutup dengan acara Malam Anugerah Sayembara Novel DKJ pada 4 Desember 2018 di Theater Kecil TIM. Selaku Dewan Juri sayembara Novel tahun ini adalah A.S Laksana, Marrin Suryajaya, dan Nukila Amal.
“DKJ dengan segenap komite menyelenggarakan berbagai program seni budaya ini untuk memberikan inspirasi bagi bangsa Indonesia, akan pentingnya nilai-nilai Kemanusiaan dan membangun kehidupan yang lebih baik bagi semuanya”, ujar Rusdy Rukmarata selaku Wakil Ketua Bidang Program sekaligus Anggota Komite Tari DKJ.
Enam komite DKJ Berkolaborasi dan bersatu padu mewujudkan DKJ FEST 2018 ini sebagai jawaban atas keresahan akan perpecahan dan juga ajakan kepada masyarakat bahwa diatas semua perbedaan yang ada, hubungan antar manusia yang harmonis adalah hal terpenting bagi kehidupan berbangsa. (tyo/put).

No More Posts Available.

No more pages to load.