Polda Jatim Berhasil Menangkap Penipuan Berbasis Online Antar Negara

oleh -49 views

Surabaya,Rakyatjelata.com

Polda jatim melalui Ditreskrimsus berhasil mengungkap dan menindaklanjuti tindak pidana berbasis ITE atau disebut Skimming. Pelaku yang berjumlah 18 orang ditangkap lantaran menggunakan kartu kredit dengan data orang lain. Pelaku ditangkap di jalan tandes balong sari tama Surabaya Senin (2/12/2019). Untuk barang bukti yang berhasil diamankan 23 PCU, 20 Monitor, 20 Handphone, 33 buku rekening, dan 14 ATM.

Secara umum, skimming adalah pencurian data bank dengan tujuan untuk merugikan pemilik data bank atau bank. Pelakunya disebut skimmer

Irjen Pol Drs. Luki Hermawan M.Si selaku Kapolda Jatim menjelaskan dalam gelar konferensi press Rabu (4/12/2019) pelaku 18 orang ini telah melakukan Spamming, developer, maupun kegiatan advertising. Yaitu mereka telah menggunakan kartu kredit atas nama orang untuk melakukan transaksi.

“Banyak yang telah menjadi korban atas skimming ini, karenanya kejahatan di dalam dunia maya merupakan borderles kejahatan tanpa batas geografis, sangat memungkinkan korbanya dari luar negeri seperti eropa, amerika, dan asia,”jelas Kapolda.

Hendra (25) salah satu pelaku yang bertindak sebagai perekrut anggota Spamming ini juga mengakui atas perbuatanya. Untuk penghasilanya dalam setahun mampu menghasilkan uang 5 Miliyar.

“Baru satu tahun kami melakukan ini, hasilnya itu mampu mencapai 5 milyar. Untuk anggota saya kasih mereka fee sebesar 10% dari tiap transaksi yang berhasil dilakukan,” ungkap hendra.

Guna untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya para pelaku dijerat dengan pasal 30 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019, Pasal 46 ayat (2), Pasal 32 Ayat (1), Pasal 48 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi transaksi elektronik dengan pidana penjara paling lama 8 (delapan) Tahun. (kkh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *