PMI Bojonegoro Gelar Latihan Gabungan Tanggap Darurat Bencana

oleh -426 views

BOJONEGORO, Rakyatjelata – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro Menggelar Latihan gabungan Tanggap Darurat Bencana, Bertempat diKelurahan Banjarrejo, Kec/Kab Bojonegoro. Sabtu (18/1/2020).

Dalam sambutannya Pengurus PMI Kabupaten Bojinegoro Drs. Mardikun, M.Pd selaku Plt. Ketua menyampaikan bahwa kegiatan latgab ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya Bencana Banjir Luapan Sungai Bengawan solo serta sebagai persiapan bagi para relawan PMI.

Hadir dalam latgab TDB antara lain dari unsur relawan PMI dari Markas dan 3 perti, perwakilan 9 Sibat, Pengurus dan Dewan Kehormatan, Kodim 0813 Bojonegoro, Koramil, Babinsa, Senkom, ACT dan dari pihak Kelurahan Banjarjo selaku tuan rumah dengan jumlah peserta 70 personil.

O’ol Prasetyo selaku Korlap Latgab sekaligus Koordinator Forel menyampaikan bahwa tujuan latgab ini selain mengantisipasi Bencana Banjir juga sebagai peningkatan Kapasitas anggota dalam persiapan TDB.

Dari personil yg terlibat di bagi menjadi 5 tim antara lain : 1. Assesment, 2. Pelayanan Kesehatan, 3. Posko, 4. Dapur Umum 5. Shelter

Sementara itu, Kapten Inf Suko Maulana menyampaikan bahwa Kodim 0813 Bojonegoro melaksanakan tugas sesuai UU Nomor 34 tahun 2004, yakni melaksanakan Operasi Bantuan kepada Pemerintah Daerah (Pemda), dalam rangka Operasi Militer Selain Perang, yakni penanganan bencana alam.

“Kegiatan ini juga untuk memantapkan sistem Komando, dan sinergisitas TNI dengan seluruh elemen masyarakat” terangnya.(Ar/Red)