Pesta Rakyat Harus Meriah.

oleh -985 views
KEDIRI,rakyatjelata.com – Ada yang unik di TPS 03 Ds.Jerukwangi kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri, berharap agar suasanan TPS di datangi pemilih sesuai DPT/daftar pemilih tetap, petugas berusaha menarik minat pemilih dengan berbagai cara, hal itu di lakukan agar pesta demokrasi kali ini sesuai yang diharapkan, “Pilkada Damai dan Aman”
Seperti terlihat di TPS 03 tersebut, beberapa petugas KPPS memakai kostum adat masyarakat Bali, terlihat unik dan nyentrik. Rabu 27/6/18
“Biar nggak kaku dan formal, kan pesta rakyat lima tahun sekali, mosok oblong oblong, ini kan pesta rakyat mas” kata salah satu panitia.
Petugas PPS juga menyediakan doorprise berupa alat-alat mandi,ada sabun,detergen,sikat dan lain-lain.
“Tiap TPS dibebaskan membuat konsep tempat dan perangkatnya masing masing agar Pilkada serentak kali ini terasa segar” kata Yusuf ketua KPPS setempat.
DPT untuk wilayah ini kurang lebih 1700 jiwa pemilih, menurut salah satu perangkat desa tersebut, pemilih yang menggunakan hak pilihnya di Pilgub Jawa Timur ini seperti lima tahun yang lalu hanya 50% sampai 70% pemilih yang datang ke TPS, sisanya lebih banyak enggan datang ke TPS dengan alasan sibuk kerja dan sebagainya.
Pilkada memang jauh berbeda gregetnya dengan Pilkades yang gregetnya karena “Uang”, walau ada hukum tak tertulis di sebagian besar masyarakat, bahwa datang ke TPS harus ada imbalan uangnya, dalam segi undang-undang hal itu bisa dikategorikan sebagai “Money Politic”,
tapi justru sebaliknya di mata masyarakat, entah itu karena korupsi sudah mengakar atau gimana. mereka lebih berpikir sederhana, yaitu memikirkan kegiatan yang berkaitan dengan dirinya maupun keluarganya.
“Lebih baik kerja dulu daripada nyoblos, kalau nyoblos hasilnya juga apa mas, buktinya semua pemimpin sama saja, jaman sekarang jarang punya pemimpin yang mengerti akan penderitaan rakyat” kata salah satu warga yang di temui media rakyatjelata.com
Pemahaman politik masyarakat desa memang belum sepenuhnya memenuhi target dalam hal ini, apalagi dalam tujuan Pemilukada adalah Rakyat yang Berdaulat, bukan Uang yang berdaulat. (buch/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.