Perusak Sumber Daya Ikan Laut Ditangkap Polda Jatim

oleh -182 views

Surabaya,Rakyatjelata.com

Ditreskrimsus Polda Jatim bekerja sama dengan pejabat PNS dari Balai karantina berhasil mengungkap dan menangkap pelaku penangkaran benih baby Lobster atau ilegal fishing.

Pelaku sebanyak 3 orang diamankan pada Tanggal ( 30/12/2019 ) di lokasi yang berbeda, Ngawi, Madiun, Trenggalek, Tulungagung. Untuk barang bukti yang berhasil diamankan 10.278 ekor benih Lobster beserta peralatan yang mendukung untuk penangkaran Lobster tersebut.

Menurut keterangan Kombes Pol Frans barung saat menggelar jumpa pers Senin (2/12/2019) menjelaskan, pelaku ini sudah melanggar Pasal 86 Ayat (1) jo Ayat (1) dan atau Pasal 92 jo Pasal 26 Ayat (1) Undang Undang Nomor 45 tahun 2009 tentang perubahan atas Undang Undang nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan jo Pasal 55 ayat (1) KUHP.

“Pelaku ini jelas melakukan pelanggaran karena melakukan pengiriman baby lobster jenis mutiara untuk dikirimkan ke wilayah Jawa Barat, yang rencananya akan di ekspor ke luar negeri,” jelas Frans Barung.

Wiwit Supriyono selaku Kasi Pengawasan dan
Pengendalian Balai KIPM Surabaya 1 juga membeberkan terkait pelanggaran yang sudah dilakukan oleh para pelaku ini.

“Orang yang melakukan penangkapan atau membudidaya komoditi Lobster, Kepiting, Rajungan yang beratnya dibawah 200 Gram telah melanggar
Peraturan Menteri no 56 tahun 2016, jadi lobster tidak boleh ditangkap yang beratnya dibawah 200 gram apapun jenis lobster itu,” pungkas Wiwit.(kkh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *