Peringati Tahun Baru Islam, Ratusan Jama’ah Aismalah “Ngalap Berkah” 1 Muharam

oleh -312 views

CIREBON, rakyatjelata.com
Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1441 H, ribuan Jama’ah Aismalah dari berbagai daerah melaksanakan tradisi rutinitas tahunan berupa “Ngalap Berkah” berebut air pemandian, Sabtu dini hari (31/8/2019)

Kegiatan yang dimulai dari pukul 22.00 Wib sampai dengan pukul 24.30 Wib tersebut bertempat di Pondok Yayasan Aismalah, Blok Kedung Muara Kelurahan Kenanga Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Jawa Barat, serta dihadiri unsur Muspika Kecamatan Sumber.

Menurut seorang anggota sekaligus  Panitia penyelenggara bernama Jani menjelaskan, pengunjung bukan saja berasal dari wilayah daerah setempat atau Cirebon, akan tetapi ada juga yang berasal dari luar Cirebon.

Pengunjung yang hadir dari luar Cirebon seperti, dari Indramayu, Majalengka, Kuningan, Cianjur, Tasik, Ciamis, Cilacap, Bandung, Karawang Jakarta, Banten, Kediri, Surabaya, Yogyakarta, Kebumen, Purworejo, Banyumas, Demak, Gresik, Kudus, Bengkulu, Singgarong (Kalimantan), dan lain – lain, “jelasnya.

Para pengunjung yang hadir tersebut sebagian besar Jama’ah yang sering mengikuti pertemuan setiap malam Jum’at Kliwon di Desa Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, tepatnya di kediaman bapak  Heru Mukhtarom, “tambahnya.

Para pengunjung dari luar daerah datang ke Pondok Aismalah ini menggunakan bus, dan bahkan ada yg sudah datang dari hari Jum’at kemarin, (30/8/2019), ” katanya.

Tujuan mereka berkunjung ke pondok Aismalah, selain bersilaturahmi bersama keluarga besar Aismalah juga  sekaligus dalam rangka  memperingati tahun baru Islam yang diadakan secara rutin setiap tahun di pondok ini, “lanjutnya.

Sebelum melakukan ritual Ngalah Berkah, terlebih dahulu para Jama’ah Aismalah melaksanakan tahlilan, manaqiban, marhabanan, dan kegiatan malam Syakral “Malar Berkah” (barokah) 1 Muharam 1441 H, ”

Ketika waktu telah menunjukkan pukul 24.00 Wib para Jama’ah sambil bersholawat dan mengantri untuk melakukan ritual memandikan sesepuh sekaligus pemilik pondok Aismalah Heru Mukhtarom yang konon kata Jani telah berusia 101 tahun.

Selanjutnya para Jama’ah Aismalah  ‘Ngalah Berkah” berupa berebut air di pemandian untuk cuci muka, dan lain – lain.

Harapannya menurut Jani, selain memperkokoh Islamiyah diharapkan tradisi tahun baru Hijriayah ini tetap dikenang oleh Masyarakat.

Aismalah punya misi mengislamkan orang islam, karena barangkali kita selama hidup belum membaca Syahadat yang disaksikan oleh orang lain, “pungkasnya. (yana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *