Peringatan HPSN, Bupati Jember Turun ke Bawah Jembatan Jarwo

oleh -64 Dilihat

JEMBER, rakyatjelata.com – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022 di Kabupaten Jember ditandai dengan turunnya Bupati Jember turun ke bawah Jembatan Jarwo. Tema peringatan HPSN Tahun ini, Kelola sampah, kurangi emisi, bangun proklim.

Bupati beserta rombongan jajaran Pemkab serta Kasat Samapta Polres Jember AKP Eko Basuki Teguh A dan Kasdim Kodim 0824 Jember Mayor Mulyadi tiba

di lokasi acara yakni di bawah Jembatan Jarwo di aliran Sungai Bedadung, Minggu, (20/2/2022) pukul 08:30 WIB.

Bupati Hendy mengapresiasi Panitia dan seluruh relawan sampah yang peduli pada lingkungan hidup.

“Kita semua adalah produsen sampah. Kalau kita sendiri tidak mengelola maka akan berat penanganannya,” ucap Bupati di awal sambutannya.

Orang nomor satu di Jember itu menegaskan, “Kita harus bisa membuat sampah yang menjijikan bisa menjadi menjanjikan. Caranya, pilah sampah antara sampah organik dan anorganik.”

Hendy mendorong kepada setiap relawan agar bisa menumbuh bank sampah di tiap RT. “Jika di tiap RT ada bank sampah maka masalah sampah akan selesai,” ucap Hendy saat berada di pinggir aliran Kali Bedadung.

Bupati Jember duduk didampingi Sekdakab dan Kasatmapta Polres Jember

Ia terharu melihat para relawan mengadakan kegiatan seperti ini dengan swadaya. Bahkan tidak hanya hari ini saja tapi sejak Bulan Januari. ” Ini membuat kami bersemangat. Maka kami (Pemkab) siap mendukung. Beri kami program. Kita bersihkan Kali Bedadung dari hulu hingga hilir,” usul Hendy.

Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto,ST.,IPU

Bupati Jember memperkirakan Bulan Oktober-Desember 2022 akan terjadi banjir besar. Hal itu karena sedimentasi dari hulu yang mempersempit aliran.

Pemkab Jember akan mentreatment di hulu sungai (sumber air di kaki Gunung Argopuro), dengan membuat beberapa dam yang berguna mengatur arus air. Kedua, mengedukasi masyarakat dan mitigasi banjir di sekitar DAS Kali Bedadung.

Sebelumnya Ketua Panitia, Achmad Sugiarto mengatakan mulai Januari kemarin sudah ada sosialisasi penanganan bencana.

Dilanjutkan pada bulan berikutnya. “Kami mengadakan sosialisasi tanggal 13 Februari di Kaliwates bersama Bank Sampah Induk. Pada tanggal 16 seluruh ketua-ketua bank sampah se-Jember. Pada tanggal 17 Februari di Tempurejo. Dan puncaknya hari ini di sini,” ucap Achmad.

HPSN itu diikuti oleh 80 kelompok pegiat sampah dan 102 relawan sebagai peserta apel.

Achmad berharap masyarakat mulai mengikuti jejak para relawan dengan mengelola sampah dari sumbernya yaitu sejak dari rumah.

Tim susur sungai sedang di tengah Kali Bedadung

Sebelumnya ada tim susur sungai datang dari aliran hulu dan berhenti di lokasi acara HPSN. Ada pula kegiatan melepas bibit ikan ke sungai (Kali) Bedadung.(Sigit)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.