Peresmian Pertama Jembatan Multiyears APBD Jember di Patemon

oleh -475 views

JEMBER, rakyatjelata.com – Bupati Jember, Ir H Hendy Siswanto, ST., IPU meresmikan Jembatan Komplek 515 di Desa Patemon Kecamatan Tanggul, Jum’at, (13/5/2022). Jembatan itu merupakan jembatan pertama yang selesai yang didanai APBD 2021/2022 (multiyears).

Jembatan Komplek 515 menghubungkan daerah kota Kecamatan Tanggul dengan desa di sebelah utaranya yang terpisah oleh sungai. Jembatan itu berdekatan dengan Markas Batalyon infanteri Raider 515/uty Tanggul.

Bupati Hendy menandatangani prasasti jembatan Komplek 515

Dengan raut wajah berseri dan ucapan Bismillah, Bupati Hendy memotong pita sebagai tanda dibuka untuk umum jembatan itu. Sebelumnya ia menandatangani prasasti jembatan yang terbuat dari batu marmer asli.

Kepada awak media Bupati mengatakan, jembatan Komplek 515 adalah jembatan utama bagi warga Tanggul, Patemon dan sekitarnya.

“Jembatan ini bisa menggerakkan perekonomian bagi warga Tanggul dan sekitarnya. Alhamdulillah, mobil juga bisa lewat dan panjangnya 16 meter,” ungkap Bupati Hendy.

Jembatan difoto dari samping (bawah)

Jembatan Komplek 515 dikerjakan oleh CV Satya Wijaya dengan alokasi anggaran mencapai 1,2 miliar rupiah. Saat peresmian, sesungguhnya masa pekerjaan masih belum habis. Pada papan informasi tertulis hingga tanggal 21 Mei 2022. Dan Bupati minta aspal di atas jembatan ditambah.

Menurut Bupati Hendy, jembatan itu milik warga. Pemkab membangun agar warga masyarakat mendapatkan akses yang lebih baik. Untuk itu ia mengajak warga ikut membantu merawat supaya lebih tahan lama. Caranya dengan tidak membuang sampah di bahu jembatan baik sisi hulu ataupun hilir.

Wadanyon 515, Mayor Inf Satria Ardianta M Risal (berseragam tentara)

Nama Jembatan diambilkan dari nama Batalyon Infanteri Raider 515/uty.

Menanggapi hal itu Komandan Yonif Raider 515 lewat Wakil Komandan Yonif (Wadanyon), Mayor Inf Satria Ardianta M Risal mengapresiasi nama itu.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Pemda (Jember) baik Bupati maupun pihak lain yang terkait karena jembatan ini bisa dinamakan dari nama Batalyon kami, jembatan 515, karena memang wilayahnya dekat dengan kesatuan kami,” ungkap Mayor Inf Satria.

Menurutnya keberadaan jembatan Komplek 515 sangat vital untuk Kesatuannya. Sebab (buat latihan prajurit) jembatan itu merupakan akses utama dari Tanggul menuju ke desa-desa di sebelah Utara hingga ke perkebunan New Zealand.

Jika tidak ada Jembatan (putus) maka akses jalan akan memutar lewat Manggisan.

(Sigit)

 

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.