Pengacara April Halawa Minta Polisi Tetapkan dan Tahan Pelaku

oleh -2.452 views
Foto: Penasehat Hukum Korban, Budieli Dawolo, SH

Gunungsitoli, Rakyat Jelata – Pengacara korban penganiayaan, April Anugrah Halawa (24) meminta polisi untuk segera menetapkan dan menahan para pelaku. Pengacara khawatir bila pelaku yang masih berkeliaran akan mengulangi perbuatan yang sama.

“Kita harapkan Kepolisian Resor Nias Selatan segera menetapkan dan menahan para pelaku yang menganiaya klien saya. Laporan klien saya hampir satu bulan, dan lagi pula penyidik/penyidik pembantu telah tuntas mengambil keterangan saksi-saksi, keterangan para pelaku dan keterangan pelapor” ujar Penasehat Hukum korban Budieli Dawolo, S.H kepada wartawan di Gunungsitoli, (28/10).

Diterangkan Dawolo, kliennya yang dianiaya oleh FG (Oknum Kepala Desa) Caritas Sogawunasi Kecamatan Lolomatua, Kabupaten Nias Selatan, tepat dihalaman rumah korban saat sedang menempel ban sepeda motor langganannya pada 30 September 2020 lalu, korban sekeluarga hingga saat ini masih mengalami guncangan jiwa (takut), sehingga usaha bengkelnya tutup dan enggan bepergian keluar rumah, kata Dawolo.

Dawolo menilai, jika kliennya yang didatangi oknum Kades di rumahnya dengan membawa segerombol orang lalu menganiaya kliennya secara bersama-sama, merupakan perbuatan sewenang-wenang dan tindakan main hakim sendiri serta terencana.

“Seperti kita ketahui bersama dalam video yang sempat ┬áberedar dan viral dimedia sosial, menunjukkan bahwa dengan terang dan jelas korban dianiaya oleh oknum Kades dkk. Hal dialami korban juga termasuk perbuatan tidak menyenangkan disertai kekerasan. Polisi seharusnya sudah menahan otak pelaku dan juga pelaku lainnya” ujar Dawolo.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Nias Selatan, IPTU Iskandar Ginting, S.H yang dikonfirmasi wartawan via telepon kemarin (27/10) menyatakan, bahwa perkara penganiayaan dengan korban April Anugrah Halawa, masih belum dilakukan gelar perkara.

“Rencana hari senin kemarin kita akan gelar perkara, tetapi berhubung adanya kegiatan pengamanan Pilkada 2020, personil Polsek Lolowau sedang melakukan pengamanan dilapangan sehingga tertunda, namun demikian, secepatnya akan digelar” ujar Kasat Reskrim kepada wartawan.

Hal senada juga disampaikan Kanit Reskrim Polsek Lolowau Brigadir H. Hutahuruk saat dikonfirmasi wartawan.

“Rencana minggu ini mau gelar perkara kami di Polres” Tulis Kanit via Whatsapp, kemarin. (aza)