Pencetak Uang Palsu 630 Juta Ditangkap Polda Jatim

oleh -182 views

Surabaya,Rakyatjelata.com

Dirkrimum (Direktorat Kriminal Umum) Polda Jatim berhasil mengungkap dan menangkap para pelaku pengedar uang palsu yang sudah meresahkan masyarakat sekitar. Tersangka yang berhasil diamankan adalah UD dan SK. Barang bukti yang berhasil disita uang palsu senilai 630 juta siap edar.

Modus yang digunakan pelaku adalah dengan cara menggandakan atau menukarkan uang asli menjadi 3 kali lipat. Semisal ada orang menukar uang (asli) 1 juta, maka akan ditukar dengan uang (palsu) senilai 3 Juta Rupiah. Perbandingannya 1 : 3, kemudian ada salah seorang warga curiga hingga melakukan pelaporan terhadap aparat yang berwenang.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengungkapkan telah berhasil menangkap dua pelaku pengganda uang lebih tepatnya di daerah Jember. Tersangka UD ditangkap di rumahnya beserta alat bukti mesin semacam pembuat uang beserta alat alat lainya yang mendukung pemalsuan uang.
Untuk tersangka SK bertugas sebagai pengedar uangnya.

” Jadi kami sangat berterima kasih kepada masyarakat khusunya Jawa Timur telah berperan aktif dan peka dalam ikut melaporkan atas pelaku pelaku kejahatan,” jelas Kapolda Rabu (5/12/2019).

Tersangka UD akan dijerat dengan pasal 36 Ayat (1) Jo pasal 26 Ayat (1) Undang- Undang No 7 Tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman pidana paling lama 10 Tahun Penjara.
Sedangkan tersangka SK akan dijerat dengan pasal 36 Ayat (3) Jo pasal 26 Ayat (3) Undang-Undang No 7 Tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman pidana paling lama 15 Tahun penjara.

Kapolda Jatim juga menambahkan agar masyarakat selalu mewaspadai atas kejahatan yang terjadi dilingkungan sekitar. (kkh)