Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional

oleh -418 views

JEMBER, www.rakyatjelata.com – Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di kabupaten Jember dilaksanakan di kelurahan Tegalgede kecamatan Sumbersari. Selama satu bulan penuh ini anak-anak di seantero Jember akan diberi tambahan vitamin A, ditimbang, diimunisasi dan dicatat perkembangannya.

BIAN di Bulan Agustus ini berlaku untuk pulau Jawa dan Bali. Di Jember sendiri sedianya Bupati Hendy akan hadir tetapi secara mendadak harus ke Surabaya untuk menemui Gubernur Khofifah.

Pencanangan BIAN di Jember diwakilkan asisten 2 Sekdakab, dr Hendro Soelistijono, M.Kes.,MM, yang disertai Plt Kadinkes, Camat Sumbersari Regar Jeane beserta 7 Lurah di bawah wilayah kerjanya, Wirolegi, Karangrejo, Kranjingan, Kebonsari, Tegalgede, Sumbersari, dan Antirogo.

Kepada awak media, dr Hendro Soelistijono mengatakan, BIAN ini serentak dilaksanakan di 2.800 posyandu (Jawa Bali) dan di seluruh kabupaten Jember.

Asisten 2 Sekdakab, dr Hendro Soelistijono, M.Kes., MM mewakili Bupati Hendy

“Target utama adalah imunisasi dasar bagi anak-anak. Jika anak sudah terlindungi dengan imunisasi ini dan diberi kesehatan Insyaallah tumbuh kembangnya akan lebih baik,” ucap dr Hendro, usai acara, Senin, (1/8/2022).

Selain pemberian imunisasi juga dilakukan penimbangan balita. Petugas kesehatan dan kader posyandu bertekad akan menimbang seluruh anak usia 0 sampai 5 tahun di Jember. Tujuannya untuk mendeteksi dini perkembangan berat badan anak sehingga bisa langsung ditatalaksanakan sesuai panduan kesehatan. Demikian pula data stunting akan segera diketahui secara riil time (update).

Camat Sumbersari, Regar Jeane Delaen Nangka, S.STP., M.Si memberi sambutan

Sementara itu, Camat Sumbersari, Regar Jeane Delaen Nangka, S.STP., M.Si menyampaikan hal baru pelayanan posyandu di Sumbersari.

“Kita coba tambah satu meja pelayanan di posyandu yaitu meja adminduk,” ucap Camat energik itu.

Selama ini, posyandu selalu ada 5 meja pelayanan yaitu, meja 1 untuk pendaftaran, 2 untuk pengukuran tinggi badan dan berat badan, 3 untuk pencatatan, 4 untuk penyuluhan gizi, dan 5 pelayanan kesehatan.

Sedangkan inovasi Camat Regar, meja 5 untuk mengurus segala hal administrasi kependudukan kecuali foto e-KTP.

“Tujuannya untuk mendekatkan layanan adminduk kepada masyarakat,” tandas Regar.

Layanan di meja 6 seperti, revisi kartu keluarga, revisi e-KTP, revisi akta kelahiran, dan lainnya.

Di bagian lain, Lurah Tegalgede, Eni Umiati, menyampaikan, di wilayahnya juga masih ada kasus stunting, gizi buruk dan masalah kesehatan lainnya.

“Angka stunting, bumilkat dan balita gizi buruk itu masih di atas lima persen,” ungkap Eni yang baru 2 bulan menjabat Lurah.

Ketua TP PKK kecamatan Sumbersari mencoba timbangan digital

Eni juga mengakui tiap posyandu telah mendapatkan alat timbang dan ukur baru dari donatur. Alat itu sudah dipakai dan hasilnya cukup memuaskan sebab alat timbangnya digital. Satuannya hingga gram.

(Sigit)

No More Posts Available.

No more pages to load.