Pemberdayaan Peran Masyarakat Membantu Desa Sampora Patut Di Apresiasi

oleh -1,223 views

KUNINGAN,rakyatjelata.com – Karya batik adalah salah satu seni kebanggaan Indonesia batik Indonesia bahkan sudah terkenel di mancanegara dunia, hasil karya coretan tangan tangan kreatif pribumi ini wajib terus di kembangakan.
seperti tekad Pemerintahan Desa Sampora Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan Jawa Barat ini sedang pemperdayakan peran masyarakatnya dalam memahami seni mebatik.
Memanfaatkan Dana Desa salah satunya untuk kegitaan pemberdayaan peran masyarakat pihak pemerintahan Desa Sampora sekarang sedang melatih masyarakat untuk belajar membatik,
baru berjalan kurang lebih kurun satu bulan namun hasil karya kreasi batik  masyarkat Desa Sampora tersebut sudah banyak yang melirik.
Seperti di ungkapkan Kepala Desa melalui Sekertari Desa Sampora kepada Indoshinju.com, belum lama ini batik kami di jadikan studi banding oleh pihak Sekolah Al-Multazam, puluhan siswa Al-Multazam langsung mendatangi menijau masyarakat yang sedang melakukan kegiatan membatik, ditambah pesanan dari luarpun sudah mulai berdatangan, tentu saja ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus menjadi apresiasi agar lebih kreatif lagi dalam mencoretkan tinta tintanya dikain.
“Kami melibatkan peran masyarakat dalam membatik  mulai dari orang dewasa hingga remaja dan yang paling  mengesankan para Pemuda Karang Taruna ikut terjun langsung sebagai komando digaris depan.” unjar Sekretaris Desa Sampora.
Kalau masalah harga di patok mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 250 ribu tergantung motifnya dan tingkat kerumitannya.
“Rencananya, dalam waktu dekat pihak pemerintahan Desa Sampora hasil coretan batik kreasi masyarakatan ini akan di jadikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dengan tujuan  agar kreasi batik hasil karya masyarakat ini lebih berkembang.”
Di ambil dari Anggaran Dana Desa (ADD) pihak pemerintahan desa akan menyiapkan beberapa kios untuk penjulan hasil kreasi batik masyarakat, dan hasil penjualnya dapat di nikmati oleh masyarakat sendiri, dengan di jadikannya modal mengembangakan peran pemberdayan usaha masyarakat.
Harapan pemerintahan Desa Sampora, semoga kreasi batik masyarakat Desa Sampora terus berkembang di Kabupaten Kuningan bahkan hinga keluar kabupaten Kuningan hinga mencapai se-Indonesi dan mancanegara (DEDE S/Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.