Pelatihan Inputing Data Prodeskel Epdeskel Kecamatan Kalisat

oleh -82 Dilihat

JEMBER, rakyatjelata.com – Para sekretaris dan operator desa se-Kecamatan Kalisat mendapatkan pelatihan di Balai Kecamatan. Mereka dilatih menginput data pada aplikasi Prodeskel dan Epdeskel, Jum’at, (18/2/2022) mulai pukul 09:30 WIB.

Prodeskel adalah aplikasi Profil Desa dan Kelurahan dan Epdeskel adalah aplikasi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, merupakan media dari pemerintah pusat yang berguna untuk melakukan monitoring desa dan kelurahan se-Indonesia.

Camat Kalisat, Regar Jeane Dealen Nangka, S.STP., M.Si mengatakan tujuan kegiatan yakni melatih para sekretaris dan operator desa mengisi atau input data ke aplikasi Prodeskel dan Epdeskel.

Jaka Permana Jaya sedang memberi materi pelatihan

“Tujuan inputing data prodeskel dan epdeskel adalah untuk mengetahui gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan, yang meliputi data dasar keluarga, potensi SDA (Sumber Daya Alam), SDM (Sumber Daya Manusia), Kelembagaan, Prasarana dan Sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa,” kata Camat muda itu.

Menurut Regar data Prodeskel ini sangat penting, sebagai sumber data untuk menentukan kebijakan pemerintah dalam merencanakan pembangunan ke depan, dengan kualitas data profil yang baik, karena akan teridentifikasi berbagai permasalahan serta potensi setiap desa.

Mentor pelatihan, Jaka Permana Jaya (Kasi Trantib Kecamatan Kalisat) dengan pengalaman 6 tahun menjabat sebagai lurah di wilayah perkotaan. Diharapkan dengan pengalamanya dapat ditularkan dan berbagi trik kepada desa sehingga ke depan desa bisa lebih berdaya dan mandiri.

Kendala yang sering dihadapi dalam pengisian dan updating adalah persoalan jaringan dan akses masuk ke dalam aplikasi. Untuk itu diharapkan pihak desa secara rutin dan berkala untuk terus berusaha mengisi dan mengupdate. (Sigit)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.