Paripurna Penjelasan Umum Ranperda Kota Gunungsitoli Tentang Irigasi

oleh -54 views

Gunungsitoli, Rakyat Jelata – Pjs. Walikota Gunungsitoli Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si menyampaikan penjelasan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Gunungsitoli tentang Irigasi pada rapat paripurna yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Gunungsitoli, (16/11).

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Yanto serta dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota DPRD lainnya. Dalam Rapat Paripurna tersebut, Pjs. Walikota Gunungsitoli didampingi oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas PUPR Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli, Sekretaris Dewan Kota Gunungsitoli serta Kepala Bagian Hukum Setda Kota Gunungsitoli.

Dalam penjelasannya, Pjs. Walikota Gunungsitoli menyampaikan bahwa kebijakan pengelolaan sistem irigasi perlu diterapkan karena adanya perubahan tujuan pengembangan pertanian dari meningkatkan produksi untuk swasembada pangan menjadi bahan utama ketahanan pangan dan perbaikan gizi keluarga, serta sejalan dengan semangat demokrasi dan ketertiban dalam tatanan kehidupan masyarakat.

Pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi yang akan diatur dalam Rancangan Peraturan Daerah ini, bertujuan mewujudkan pemanfaatan air dalam bidang pertanian untuk mencapai ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat khususnya petaniā€, lanjut beliau.

Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si juga menjelaskan ruang lingkup rancangan peraturan daerah tersebut yang meliputi 18 poin diantaranya pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi, kelembagaan pengelolaan irigasi, wewenang dan tanggung jawab, kerjasama, partisipasi masyarakat petani dalam pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi, dan sampai yang mengatur kepada ketentuan pidana.

Pjs. Walikota mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada dewan terhormat atas dukungan untuk melanjutkan proses pembahasan Rancangan Peraturan Daerah ini. (aza)