Panen Raya, HKTI Jatim Serahkan Lima Traktor di Magetan.

oleh -941 views

MAGETAN,rakyatjelata.com – Dewan Pimpinan Provinsi HKTI Jatim menyerahkan bantuan 5 traktor dan 5 pompa air kepada 10 gabungan kelompok tani di Kabupaten Magetan, Kamis (1/3). Ke-10 alsintan (alat mesin pertanian) yang berasal bantuan Menteri Pertanian RI itu diserahkan langsung oleh Ketua HKTI Jatim, H Ahmad Nawardi.
Sebelum penyerahan bantuan, HKTI Jatim bersama HKTI Kabupaten Magetan melakukan Panen Raya Padi di Desa Karang Rejo, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan. Panen raya di sawah seluas 66 hektare tersebut selain dihadiri Ketua HKTI Jatim, Haji Ahmad Nawardi dan jajaran pengurus HKTI Jatim juga dihadiri pengurus HKTI Magetan, Dinas Pertanian Jatim, Dinas Pertanian Magetan, Kodim dan Polres serta sejumlah kepala desa, Gapoktan, Poktan dan petani.
Menurut senator DPD RI dari Jatim ini, bantuan Alsintan tersebut berasal dari Menteri Pertanian. HKTI hanya menyalurkan sesuai dengan aspirasi dan permintaan petani. Dengan alsintan tersebut diharapkan dapat mengurangi beban kerja dan biaya produksi gapoktan dan pertanian.
Menurut mantan wartawan Tempo ini, pertanian jaman now tidak bisa dilepaskan dari mekanisasi pertanian. Semua negara-negara maju pertanian sudah beralih dari tenaga buruh ke tenaga mesin. Sehingga produksi dan kualitas pertanian semakin meningkat dan maju. “Jika ingin produksi meningkat Indonesia harus memulai dengan sistem mekanik. Apalagi tenaga kerja di pekerjaan ini mulai berkurang dan regenerasi tidak jalan,” katanya. (Jal/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.