Optimalkan Pengairan Sawah, Dinas Pertanian Karawang Bangun 110 DAM Parit

oleh -5,141 views

KARAWANG, rakyatjelata.com –  Pada Tahun 2018 ini Dinas Pertanian Kabupaten Karawang Sedang membangun DAM parit sebanyak 110 unit, sebagai sumber pengairan persawahan.
Kepala Dinas Pertanian Karawang Ir.H.Hanafi,MM bersama dengan Rakyatjelata.com mengatakan, pembangunan DAM parit ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2018
Saat ini pihak Dinas Pertanian masih pelaksanaan pembangunan dam parit tersebut,” jelasnya, Rabu(10/10/2018).
HANAFI berharap, pembangunan dam parit ini dapat mendukung pencapaian produksi komoditas pertanian stategis, sehingga kinerja pembangunan pertanian lebih meningkat setiap tahun.dam parit (saluran waduk) merupakan sebuah teknologi sederhana untuk mengumpulkan aliran air ke dalam parit (drainase) untuk mengakomodasi volume aliran.
Selain dapat digunakan untuk mengairi tanah pertanian di sekitarnya, juga dapat memperlambat aliran, erosi dan sedimentasi.
“Selain untuk meningkatkan IP tanaman, pembangunan dam parit itu bertujuan mengairi lahan,menampung air limpasan yang tidak termanfaatkan secara optimal, serta meningkatkan penyediaan prasarana dan sarana air,” katanya.
HANAFI Juga menjelaskan dam parit juga dapat meningkatkan penyediaan prasarana dan sarana lahan, membangun fasilitas sumber air baru sebagai suplai air irigasi mendukung usaha pertanaman padi, serta meningkatkan produksi hasil pertanian di tingkat Kabupaten Karawang.
“Intinya dam parit dibuat untuk mencukupi kebutuhan air pertanian di saat musim kemarau, serta menampung air hujan pada saat musim hujan dengan tujuan menambah luas tanam pada saat musim kemarau,” ujarnya.(Di/Is dan red)

No More Posts Available.

No more pages to load.